SULISTIYA, HERLINA (2023) HUBUNGAN ANTARA KEBAHAGIAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA GURU SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.E1.0148-Herlina Sulistiya-COVER_a.pdf Download (934kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0148-Herlina Sulistiya-BAB_a.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
|
Text
19.E1.0148-Herlina Sulistiya-DAPUS_a.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0148-Herlina Sulistiya-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Guru sebagai penggerak dalam pendidikan berperan penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Tugas dari seorang guru tidak mudah, terutama pada guru sekolah dasar. Guru yang memiliki kebahagiaan, dapat berdampak pada motivasi berprestasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kebahagiaan dengan motivasi berprestasi pada guru sekolah dasar. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara kebahagiaan dengan motivasi berprestasi pada guru SD. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini merupakan guru SDN Tambangan 01, SDN Purwosari 02, dan SDN Jatisari. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 37 guru. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik Pearson Product Moment menghasilkan nilai rxy = 0,806 dengan p < 0,01, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kebahagiaan dengan motivasi berprestasi pada guru sekolah dasar, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel motivasi berprestasi terhadap variabel kebahagiaan sebesar 64,9% dan 35,1% yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 06:58 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33673 |
Actions (login required)
View Item |