Arsati, HM and Suparmi, and Rahayu, E (2023) Economic Token To Improve On-Task Behavior In Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Prosiding Seminar Nasional Sosial dan Humaniora: ”Mengembangakan kehidupan berbangsa yang lebih beradab”, 1 (1). pp. 701-710. ISSN 978-623-143-015-1 (PDF)
|
Text
Prosiding Seminar Nasional Sosial Humaniora.pdf - Published Version Download (21MB) | Preview |
Abstract
Memusatkan perhatian pada tugas atau perilaku on-task merupakan salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Pada sisi lain, perilaku on-task ini seharusnya dimiliki oleh anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan durasi perilaku on-task pada anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder dengan menggunakan teknik token ekonomi. Desain eksperimen yang digunakan adalah single subject design model A-B-A. Intervensi dilakukan selama 10 kali pertemuan. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang berusia 9 tahun 9 bulan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi pada durasi perilaku on-task anak ketika mengerjakan tugas. Analisis data menggunakan analisis grafik. Efek dari intervensi dapat dilihat dari grafik durasi perilaku on-task yang diukur pada fase baseline 1, fase intervensi dan fase baseline 2. Hasil penelitian menemukan bahwa teknik token ekonomi mampu meningkatkan durasi perilaku on-task pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Ms Suparmi . |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 01:29 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 01:29 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33296 |
Actions (login required)
View Item |