Metode Applied Behavior Analysis Untuk Meningkatkan Kontak Mata Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorder

Irawan, JNR and SUPARMI, and Sumijati, S (2023) Metode Applied Behavior Analysis Untuk Meningkatkan Kontak Mata Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorder. Prosiding Seminar Nasional Sosial dan Humaniora: ”Mengembangakan kehidupan berbangsa yang lebih beradab”, 1 (1). pp. 660-668. ISSN 978-623-143-015-1 (PDF)

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional Sosial Humaniora.pdf

Download (21MB) | Preview
Official URL: http: www.sdupress.usd.ac.id

Abstract

Kontak mata terjadi di awal perkembangan dan memiliki banyak fungsi bagi perkembangan kehidupan. Dengan adanya kontak mata dapat mengembangkan keterampilan yang lebih kompleks, seperti keterampilan sosial, kognitif, dan bahasa. Namun sejumlah besar anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) gagal mengembangkan keterampilan kontak mata yang penting ini. Kegagalan anak ASD dalam mengembangkan kontak mata tersebut, menyebabkan aktivitasnya terganggu, baik dalam belajar maupun kehidupan sosial. Salah satu metode efektif digunakan untuk meningkatkan kontak mata anak dengan ASD adalah Applied Behavior Analysis (ABA). Metode tersebut terstruktur, mudah diukur, dan didesain khusus bagi anak dengan spectrum autis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh Metode ABA dalam meningkatkan kontak mata anak dengan ASD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Case Experimental Design dengan desain A-B. Subjek dari penelitian ini yaitu seorang anak laki-laki berusia 7 tahun dengan ASD kategori sedang. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan checklist. Analisis data statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan grafik. Hasil penelitian menunjukkan metode ABA dapat meningkatkan kontak mata anak dengan ASD.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Suparmi .
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:28
Last Modified: 28 Oct 2023 01:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33294

Actions (login required)

View Item View Item