TANUTAMA, LILING HOSANA (2023) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN SUWAR SUWIR SEBAGAI IKON JAJANAN KHAS JEMBER. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - COVER_a.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
||
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
||
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
|
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - DAPUS_a.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
19.L1.0054-Liling Hosana Tanutama - LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
Abstract
Kota Jember merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam singkongnya sehingga banyak dari jajanan tradisonal khas Jember terbuat dari hasil olahan singkong. Suwar Suwir merupakan salah satu jajanan khas Jember yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, sekaligus juga dijadikan sebagai ikon kota Jember karena ke legendarisannya. Banyak UMKM Jember yang menjual produk Suwar Suwir dan memiliki potensi tinggi untuk berkembang, namun sayangnya sampai saat ini belum ada media yang mampu memperkenalkan dan mempromosikan Suwar Suwir ini secara luas. Hal ini membuat hanya masyarakat setempat dan beberapa orang dari luar Jember saja yang mengetahui akan keberadaan dan keunikan jajanan ini. Bahkan masih banyak yang mengira jajajan ini merupakan jajanan khas daerah lain karena adanya kesamaan bentuk. Menurut hasil survei oleh Calbe Wings, generasi muda usia 18-25 tahun memiliki ketertarikan untuk mengkonsumsi jajanan atau camilan serta mengeksplorasi hal baru. Hal ini membuat generasi muda pada usia tersebut berpotensi untuk ikut memperkenalkan bahkan mengkonsumsi Suwar Suwir sebagai camilan sehari – hari. Maka dari itu diperlukan media yang mampu memperkenalkan dan mempromosikan Suwar Suwir sebagai ikon jajanan khas Jember kepada generasi muda. Yang tentunya juga dapat menarik perhatian mereka sehingga tergerak untuk mengkonsumsi jajanan tersebut
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 05:40 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 05:40 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33238 |
Actions (login required)
View Item |