SANTOSO, TAN, OLIVIA AGNES (2023) PERANCANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERILAKU BANDWAGON EFFECT. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - COVER_a.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
||
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
|
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - DAPUS_a.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
19.L1.0009-TAN, OLIVIA AGNES SANTOSO - LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
Abstract
Perancangan ini bertujuan untuk mengkomunikasian secara visual mengenai perilaku Bandwagon Effect dalam lingkup sosial secara kreatif kepada remaja. Perancangan menggunakan design thinking oleh David Kelly dan Tim Brown dalam lima tahapan yaitu, Empathize, define, ideate, prototype, test. Data yang didapat pada perancangan ini berasal dari observasi perancang dari analisis konten di media sosial, selain itu juga melalui literatur dan dokumentasi. Dilakukan kompasrasi desain pada perancangan terdahulu yang serupa pada media, genre, dan target sasaran perancangan. Jaringan internet yang semakin luas juga memberikan dampak yang lebih beragam dibandingkan sebelumnya. Komik digital sebagai media hiburan yang kini juga bisa menjadi media edukasi untuk remaja bahkan segala usia mulai dari anak- anak. Selain media utama komik, terdapat media sosial sebagai media pendukung sekaligus menjangkau remaja untuk mengetahui perancangan media edukasi VIII komik digital. Komik digital mengenai perilaku Bandwagon Effect menjadikan remaja lebih menyadari perilaku ini dan menjadi bijak dalam melakukan perilaku Bandwagon Effect.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 00:58 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 00:58 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33210 |
Actions (login required)
View Item |