ANALISIS PERILAKU IMITASI FASHION DI KALANGAN REMAJA SETELAH MENONTON TAYANGAN DRAMA KOREA “TRUE BEAUTY”

PATRISYA. YT, CINDY (2023) ANALISIS PERILAKU IMITASI FASHION DI KALANGAN REMAJA SETELAH MENONTON TAYANGAN DRAMA KOREA “TRUE BEAUTY”. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - DAPUS_a.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0086-CINDY PATRISYA. YT - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku imitasi fashion apa saja yang muncul di kalangan remaja setelah menonton tayangan drama Korea “True Beauty”. Subjek penelitian ini adalah anggota komunitas “Pecinta Drama Korea HD – DraKor” di Facebook. Sampel dalam penelitian ini yaitu 5 orang informan terpilih yang memenuhi kriteria subjek penelitian dan diambil dengan menggunakan teknik homogeneus sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjabarkan perilaku imitasi yang ditemukan di lapangan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Belajar Sosial milik Albert Bandura sebagai landasan untuk menganalisis perilaku imitasi yang terjadi pada informan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa tayangan drama Korea “True Beauty” sebagai media massa dapat memberikan efek behavioral (perubahan terhadap perilaku) kepada penontonnya, terutama pada kalangan remaja. Adapun efek yang dijumpai pada remaja yaitu perilaku imitasi fashion, khususnya pada gaya berpakaian, gaya rambut, make up serta aksesoris. Adapun perilaku imitasi yang dilakukan oleh informan melalui beberapa tahapan, yaitu proses perhatian, mengingat, reproduksi motoris dan motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:52
Last Modified: 09 Oct 2023 04:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33150

Actions (login required)

View Item View Item