BUDIARTI, MARIA AMELIA (2023) STRATEGI REDAKSI @INCUBA.ID DALAM MENINGKATKAN AUDIENCE ENGAGEMENT DI INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
|
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - DAPUS_a.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
19.M1.0085-MARIA AMELIA BUDIART - LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa media memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi audiens. Media akan terus berkembang dan beradaptasi, hal ini juga mampu menimbulkan persaingan antar media. Terlebih bahwa audiens menjadi salah satu kunci terbangunnya proses komunikasi. Media menaruh perhatiannya kepada audiens dengan menggunakan audience engagement. Media juga memerlukan strategi dalam melakukan pendistribusian konten untuk menarik perhatian audiens. Salah satu media yang dipilih yaitu @incuba.id karena media ini memiliki audiens anak muda dan masih berkembang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Instagram sebagai objek penelitian. Instagram dipilih karena platform ini memiliki urutan kedua paling banyak digunakan di Indonesia serta fitur-fitur Instagram yang bervariasi dan perkembang pesat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi redaksi @incuba.id dalam meningkatkan audience engagement di Instagram. Penelitian ini menggunakan konsep editorial strategies atau strategi redaksi dari Adornato (2017) untuk menganalisis dan mengindentifikasi strategi redaksi @incuba.id dalam upaya meningkatkan audience engagement di Instagram. Sehingga penelitian ini dapat memberikan deskripsi dan pemahaman baru mengenai konsep editorial strategies dalam penerapannya pada pembuatan dan pendistribusian konten maupun dalam melakukan pendekatan pada audiens guna meningkatkan audience engagement di Instagram. Jenis metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara pada key informant, informant dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah @incuba.id menerapkan tiga faktor utama dari konsep yang digunakan yaitu kepercayaan, pemanfaatan media sosial, dan pendekatan dengan audiens di media sosial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 04:52 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 04:52 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33149 |
Actions (login required)
View Item |