FAJAR P, AGUSTINUS ALTRIAN (2023) MELATIH REAKSI TERHADAP SUARA DALAM GIM FPS UNTUK TUNANETRA. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - COVER_a.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
|
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - DAPUS_a.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
18.N2.0015-AGUSTINUS ALTRIAN FAJAR P - LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
Abstract
Dalam bermain gim, online maupun offline, suara atau bunyi adalah salah satu unsur yang sangat vital. Selain memberikan nuansa tertentu dalam suatu gim suara juga bisa sebagai sound effects sebagai tambahan warna sebagai timbul balik kepada pemain bahwa mereka telah menekan/melakukan/mengkonfirmasi suatu hal tertentu. Namun dalam skenario gim kompetitif suara dapat digunakan sebagai informasi keberadaan musuh dan informasi akan objektif yang sedang dilakukan/aktif. Dalam gim selalu ada tempat untuk berlatih, contohnya tempat untuk melatih aim, tempat untuk melatih movement, namun tidak ada tempat untuk melatih pendengaran, dimana pemain harus berusaha untuk mendengar lokasi musuh dan menghabisinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah gim web yang dapat digunakan untuk melatih pendengaran individu dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah gim web yang dapat digunakan untuk melatih pendengaran seseorang dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk membantu individu yang memiliki gangguan penglihatan atau tunanetra dalam meningkatkan kemampuan pendengaran mereka. Sebagai individu yang tidak memiliki kemampuan penglihatan, pendengaran menjadi indra yang lebih sensitif dan kritis dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, gim web yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat membantu para tunanetra untuk melatih dan mengasah kemampuan pendengaran mereka dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gim web yang dikembangkan dapat digunakan untuk melatih pendengaran seseorang dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Game ini dilengkapi dengan berbagai metode bermain yang masing masing memiliki beberapa level yang dapat diakses sesuai dengan tingkat kesulitan, sehingga dapat digunakan oleh individu dengan tingkat kemampuan pendengaran yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:48 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33131 |
Actions (login required)
View Item |