PERANCANGAN GAME RHYTHM MELODI NUSANTARA UNTUK MEMPERKANALKAN LAGU TRADISIONAL INDONESIA

SUGIARTO, LIE, LUKY ANDREAS (2023) PERANCANGAN GAME RHYTHM MELODI NUSANTARA UNTUK MEMPERKANALKAN LAGU TRADISIONAL INDONESIA. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - COVER_a.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - DAPUS_a.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
17.N2.0003-Lie, Luky Andreas Sugiarto - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Budaya musik dan lagu tradisional Indonesia adalah salah satu hasil dari kekayaan intelektual dan kekayaan budaya, yang memiliki peranan penting dalam perjalanan hidup masyarakat tradisional. Selain itu, musik dan lagu tradisional juga merupakan aset bangsa yang didalamnya melekat nilai strategis baik bagi bangsa Indonesia maupun pihak asing. Oleh sebab itu, maka perlu adanya perlindungan terhadap musik dan lagu tradisional di Indonesia. “Melodi Nusantara” adalah nama permainan yang dikembangkan guna mendukung dan memperkenalkan musik dan lagu tradisional Indonesia, permainan “Melodi Nusantara” merupakan permainan bergenre rhythm game. Genre permainan game rhythm sangatlah populer dan disukai semua kalangan, permainan ini membutuhkan pemain dalam mengikuti ritme dari sebuah lagu. Permainan ini sangatlah cocok untuk mendengarkan lagu sambil bermain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Waterfall Model. Tahap tahap yang digunakan didalam Metode Waterfall adalah Tahap Verifikasi pada tahap ini digunakan untuk menemukan masalah, Tahap Design digunakan untuk pembuatan game design dalam Melodi Nusantara. Tahap Implementasi tahap ini digunakan untuk penerapan gameplay pada game. Tahap Verifikasi digunakan untuk menguji penelitian dan terakhir adalah Tahap Maintenance tahap ini untuk pengembangan lebih lanjut dari penelitian setelah melihat kesimpulan dan saran saran dari pengguna. Dengan adanya permainan “Melodi Nusantara” diharapkan pemain akan dapat mengenali budaya musik dari setiap daerah di Indonesia. Dan peneliti juga dapat melihat apakah permainan “Melodi Nusantara” akan terus bermanfaat untuk pemain dan mau memainkan permainan “Melodi Nusantara” dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:44
Last Modified: 06 Oct 2023 01:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33121

Actions (login required)

View Item View Item