ALVIN L.K, ALFONSUS (2023) PEMBUATAN GAME VISUAL NOVEL BERBASIS WEB UNTUK MEMPERKENALKAN PERPUSTAKAAN UNIKA. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - COVER_a.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
|
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - DAPUS_a.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
16.N2.0003-Alfonsus Alvin L.K - LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi semakin terlihat dampaknya dalam kehidupan sehari - hari manusia. Salah satu aspek yang terkena dampak dari berkembangnya teknologi adalah perpustakaan, perpustakaan harus bisa bisa menunjukkan kepada generasi baru bahwa perpustakaan juga bisa beradaptasi seiring dengan berkembangnya teknologi[1]. Tentunya hal ini juga berlaku bagi perpustakaan Unika Soegijapranata, game <mengenal perpustakaan= akan membantu pemain mengenal dan mempelajari fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan Unika Soegijapranata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat game yang memperkenalkan perpustakaan Unika Soegijapranata yang menarik untuk dimainkan, selain itu game ini ditujukan untuk kalangan umum. Jadi yang dibuat adalah game Visual Novel berbasis web dengan menggunakan Ren9Py menggunakan berbagai aset yang bersifat royalty free. Untuk survey, Total subjek yang didapat adalah 34 orang yang sebagian besar berusia 22 - 24 tahun. Hasil survey yang didapat cukup valid dan reliabel, selain itu hasil korelasi yang didapat mengatakan bahwa Enjoyment dan Effort Expectancy memiliki pengaruh yang tinggi terhadap Behavior Intention sedangkan Performance Expectancy memiliki pengaruh yang moderat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah game dengan genre visual novel dimana pemain bisa membaca dan menjawab kuis mengenai perpustakaan Unika dan berbagai fasilitas yang terdapat didalamnya dan untuk membuat game tersebut menarik di dalam game terdapat kuis untuk menguji pengetahuan pemain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 12:00 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:10 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33111 |
Actions (login required)
View Item |