FATIKASARI, MAULIDA HENA (2023) STUDI PERILAKU KONSUMSI VARIAN KOPI JENIS ROBUSTA di KEDAI KOPI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
||
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
||
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-BAB VI_a.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-DAPUS_a.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
16.I1.0195-MAULIDA HENA FATIKASARI-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditas penghasil devisa negara terbesar dari ekspor produksi biji kopi. Kopi di Indonesia keberadaannya semakin berkembang di masyarakat karena banyaknya peminatnya. Salah satu jenis varian kopi yang paling popular dikenal berbagai kalangan masyarakat Indonesia yaitu kopi jenis arabika dan robusta. Kebiasaan mengkonsumsi kopi ini didukung oleh perilaku masyarakat karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang latar belakangnya seorang pekerja, biasanya kopi dinikmati untuk menghilangkan rasa kantuk. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumen dalam segi di kedai kopi maupun dirumah dan menganalisis tingkat pengetahuan kopi pada konsumenPenelitian ini dilakukan di coffeeshop kota Semarang dengan cara membagikan kuisioner berisi pertanyaan – pertanyaan seputar tentang kopi dan minat konsumsi kopi. Data yang didapatkan dari survey ini kemudian di uji kelayakannya dengan uji validitas dan uji reabilitas untuk mengetahui data tersebut valid dan reabilitas. Data hasil survey kemudian dikelompokkan menjadi 5 kelompok berdasarkan gender, usia, pekerjaan, penghasilan, dan Pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian karakteristik responden konsumsi kopi di Kota Semarang yaitu mayoritas sebagian besar laki-laki berusia 17-25 tahun, berpendidikan tinggi (Perguruan Tinggi), dan memiliki pekerjaan sebagai karyawan dengan berpenghasilan antara 3,01 - 6 juta per bulan. Sedangkan pada perempuan mayoritas berusia 17 - 25 tahun, pendidikan perguruan tinggi dan pekerjaan sebagai karyawan dengan berpenghasilan kurang dari 3 juta perbulan. Pada perempuan maupun laki-laki sama-sama mengetahui dampak positif dan negatif kopi yaitu tidak merasakan kantuk dan sakit kepala, namun pengetahuan tentang jenis produk kopi pada laki-laki yaitu kopi kemasan dengan susu dipisah sedangkan pada perempuan yaitu kopi kemasan varian lainnya. Pengetahuan tentang rasa kopi yang nikmat pada laki-laki maupun perempuan sama yaitu pahit yang masih terasa dengan penambahan gula. Pengetahuan tentang kualitas kopi pada laki-laki yaitu kopi akan terasa nikmat apabila ketika sudah dingin sedangkan pada perempuan yaitu ketika masih panas.Laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi dirumah, namun pada laki-laki mayoritas mengkonsumsi kopi dengan seorang teman dimalam hari sedangkan perempuan menikmati kopi dirumah sendirian pada malam hari
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Beverage Technology |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:31 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:31 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32928 |
Actions (login required)
View Item |