PENGEMBANGAN PRODUK “KERIPIK MBC” PEKALONGAN

PRAWIRO, MARCEL TEDJO (2023) PENGEMBANGAN PRODUK “KERIPIK MBC” PEKALONGAN. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-COVER_a.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-DAPUS_a.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
18.D1.0028-MARCEL TEDJO PRAWIRO-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Keripik MBC merupakan usaha perseorangan yang memproduksi dan memasarkan produk keripik kacang hijau. Awalnya keripik MBC hanya memiliki varian rasa original saja. Namun seiring berjalannya waktu konsumen keripik MBC menginginkan varian rasa lain. Oleh karena itu pemilik keripik MBC hendak melakukan pengembangan produk, salah satunya dengan menambah varian rasa lain, menambah ukuran kemasan produk, merubah kemasan produk menjadi lebih menarik. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan pokok dalam skripsi ini membahas tentang pengembangan produk keripik MBC agar sesuai dengan keinginan konsumen. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap pengembangan produk keripik kacang hijau varian rasa non original pada usaha “MBC” Pekalongan. Metode pengumpulan data yang diambil dengan menggunakan metode wawancara. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). tahap pencarian gagasan produk baik melalui survey ke konsumen dan observasi langsung pemilik usaha yang hasilnya diperoleh empat varian rasa keripik kacang hijau non original yaitu rasa balado, keju, jagung dan coklat. (2). Penyaringan atas beberapa gagasan produk tersebut dan dipilih rasa balado, keju dan jagung untuk dikembangkan melalui pengujian konsep. (3). Pengujian konsep untuk menyesuaikan keinginan konsumen. (4). Analisis bisnis untuk menganalisis perkiraan penjualan dan keuntungan dengan adanya tambahan tiga varian rasa selain rasa original. (5). Tahap pengembangan prototipe sebagai wujud merealisasikan gagasan produk yang telah dipilih dan dibuatkan konsepnya menjadi bentuk fisik produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:45
Last Modified: 26 Sep 2023 06:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32826

Actions (login required)

View Item View Item