Girsang, Nurhayati (2007) Studi Eksploratif Peran Ideal Dan Faktual Orangtua ,Guru Dan Pendeta Dalam Menstimulasi Kecerdasan Spiritual Anak Pra Sekolah. Masters thesis, Magister Sains Psikologi UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
04.92.0059 Nurhayati Girsang COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
04.92.0059 Nurhayati Girsang BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0059 Nurhayati Girsang BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0059 Nurhayati Girsang BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0059 Nurhayati Girsang BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
Text (BAB V)
04.92.0059 Nurhayati Girsang BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (30MB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.92.0059 Nurhayati Girsang DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
04.92.0059 Nurhayati Girsang LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ideal dan faktual orangtua, guru dan pend eta dalam menstimulasai kecerdasan spiritual anak prasekolah. Peran ideal orangtua adalah sebagai peugasuh dengan pola pengasuhan authoritative yakni keseimbangan wlb wa dengan pemeliharaan, sementara guru sebagai motivator, konselor,dan.model. Pemeliharaan erangtua dan guru mernotivasi dengan menfasilitasi an suasana belajar yan ernenu ' minat dan kegemaran anak, pemeliharaan .. orangtua dan, guru sebagai konselor dengan-menghindarkan anak dari suasana elajar yang tertekan dan mengaI)canl, wi6awa orangtua dalam keteladanan dan guru sebagai model dalam ibadah, kebajikan dan engekspresikan kebutuhan. Reran ideal ndeta sebagai perencana, pelaksan~ emberi dana, pengawas dan mengevaluasi pendidikan yang berorieutasi kecerdasan spiritual di Sekolah Mjnggu. Metode penelitian rnenggunakan letode kuali tif, eksploratif, dan pengumpulan data menggunakan wawancara sebagai metode u it, angket dan 0 servasi sebagai pendukung, tuk -il 0 oran a anak prasekolah 10 guru prase o(ah , dan I pendeta tanp'a observasi yang orientasi pelayanannya a itlah anak di s k lah minggu.Tehnik analisis data dirnulai rnenelaal data setia subyek, merdUksi, kemudian dis\rnpulkan Kesimpulan hasil pellelitian kelompok orangtua /nenunjukkan ~ahwa dua orang memiliki peran id aI yang intensi nya ·kuat dalam menstimlll si ~ecerdasan spiritual anak.'pra sekolah dengan pola as :yang authoritati f, enanl 0 ang intensitas sedang kare agak permisisiv dan authoritarian dalam engontrol materi permainan,buk bacaan dan film yang ditonton anak, dan pembata~an dalam bermain, dan dua orang intellsitas lemah karena pola .asuh authoritari dipenuhi tindakan kekerasan fisik dan ernosi teThadap anak. Hasil penelitian kelompok guru enam orang memiliki peran ideal yang intens't~a kuat ebagll.i motivator, konselor dan model, sernentara empat orang sedang dengan ke ur.angal1 yang bervariasi . Hasi I kelompok Pendeta !iga orang peran idealnya intel1sitas kuat sebagai perencana, pelaksana pel1gawas, memberi dukungan dana, dan mel1gevaluasi pendidikan yang memenuhi kriteria pel1gembangan kecerdasan spiritual, empat orang intensitas sedang sementara tiga orang orang antara sedang dan lemah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > Kindergarden |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 12:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 12:49 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3272 |
Actions (login required)
View Item |