PENERAPAN OPERANT CONDITIONING: TOKEN ECONOMY DAN RESPONSE COST DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD)

MEIDIANTARI, ANNA PIERLI (2009) PENERAPAN OPERANT CONDITIONING: TOKEN ECONOMY DAN RESPONSE COST DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD). Masters thesis, Magister Profesi Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari COVER.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text (BAB V)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
06.92.0116 Anna Pierli Meidiantari LAMPIRAN.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian metode operant conditioning berupa token economy dan response cost dapat meningkatkan prestasi matematika pad a anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (AOHD). Hipotesis yang aiajukan adalati teraapat perbedaan yang signifikan pada prestasi matematika anak Attention Deficit Hi~eractivity Disorder (ADHD) yang mendapatkan operant conditioning berupa token economy dan response cost. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan single case pre and posttest design. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang anak laki-Iaki, berusia 6,5 tahun dan duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar (SO). Partisipan diminta mengerjakan soal matematika dalam dua kondisi perlakuan (token economy dan response cost) secara berg~ntian . Analisis data penelitian menggunakan SPSS versi 11. I dengan uji Wilcoxon untuk meliliat signifikasi perbedaan antara tahap pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai Z = -1 1289 dengan p> 0,05 yang berarti bahwa hi otesis penelitian ditolak yakni bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi matematika anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHDJ yang mendap'atRan operant conditioning berupa token economy dan response cost.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 616 Diseases > ADHD
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 21 Sep 2015 13:02
Last Modified: 21 Sep 2015 13:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item