HUBUNGAN BIG FIVE PERSONALITY DAN SCHOOL ADJUSTMENT DENGAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP GURU

Yulisa, Katarina and Widyorini, Endang and Primastuti, Emiliana (2023) HUBUNGAN BIG FIVE PERSONALITY DAN SCHOOL ADJUSTMENT DENGAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP GURU. Jurnal Empati, Volume 12, Nomor 06, Desember 2023, Halaman 424-432, 12 (06). pp. 424-432. ISSN 2829-1859

[img]
Preview
Text
big five KATARINA fixx.pdf

Download (397kB) | Preview
Official URL: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan big five personality dan school adjustment dengan agresivitas siswa terhadap guru. Sampel penelitian ini berjumlah 66 siswa kelas XI-IPA dari SMA 6 Semarang. Pengambilan data menggunakan Big Five Inventory, Skala School Adjustment, dan Skala Agresivitas. Pengujian hipotesis mayor menggunakan teknik analisis berganda. Sementara itu, pengujian hipotesis minor menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Agreeableness dan school adjustment (0.021; p<0.05) dengan agresivitas. Sementara itu, hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara openness (0.204; p>0.05), conscientiousness (0.933; p>0.05), extraversion (0.946; p>0.05), neuroticism (0.306; p>0.05) dan school adjustment terhadap agresivitas.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: > 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News media, journalism & publishing
070 News media, journalism & publishing
Depositing User: Ms Endang Widyorini
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:43
Last Modified: 09 Dec 2023 23:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32369

Actions (login required)

View Item View Item