Widyorini, Endang and Baiduri, Binar Nurani (2023) Regulasi Emosi Sebagai Mediator Antara Insecure Attachment dan Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 19 (1). ISSN 24078786
|
Text
Binar fxx.pdf Download (677kB) | Preview |
Abstract
Perilaku agresif sering menjadi permasalahan yang muncul pada remaja. Perilaku agresif berkaitan dengan kurangnya keterampilan remaja dalam melakukan regulasi emosi. Remaja dengan insecure attachment akan memiliki regulasi emosi yang kurang baik. Selain itu, insecure attachment dapat menjadi prediktor munculnya perilaku agresif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah regulasi emosi menjadi mediator antara insecure attachment dan perilaku agresif pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melibatkan 459 responden yang masih aktif bersekolah SMP di kota Semarang dan berusia 12-15 tahun, yang diperoleh secara accidental sampling. Data diperoleh menggunakan Buss-Perry Aggression Questionnaire Short Form, The Experiences in Close Relationships —Revised General Short Form (ECR-R-GSF), dan Emotion Regulation Questionnaire (ERQ), yang kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa regulasi emosi menjadi mediator antara insecure Attachment dan perilaku agresif (p = 0,000 < 0,05), selain itu perilaku agresif dapat dipengaruhi oleh regulasi emosi (β = -0,207, p = 0.000) dan insecure attachment (β = 0,255, p = 0,000). Regulasi emosi dan insecure attachment memberikan pengaruh sebesar 17,3% terhadap perilaku agresif, sisanya kontribusi dari variabel lainnya
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | > 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News media, journalism & publishing 070 News media, journalism & publishing |
Depositing User: | Ms Endang Widyorini |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 08:42 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 23:27 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32366 |
Actions (login required)
View Item |