PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLES TIME (BCCT) PADA KELOMPOK BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

Sugiyanti, Aniek (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLES TIME (BCCT) PADA KELOMPOK BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. Masters thesis, Magister Profesi Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.92.0011 Aniek Sugiyanti LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berbagai penelitian menyatakan bahwa perkembangan sosial emosional berhubungan dengan kesuksesan akademik, dan anak-anak pada masa prasekolah baik di Kelompok Bermain maupun Taman Kanak-kanak jika tidak dibekali kemampuan sosial emosional yang memadai seringkali tidak sukses pada t RkJR-tahtln pertama sek lah. Oleh karena itu perlu adanya pendeka,t n pemtlelajaran yan dapal membantu anak-anak di kelompok bermain meningkatkan kemampuan osial emosionalnya. Penelitian 101 bertujuan untuk mengetahui pengC\ruh pendekatan pembelajaran Beyond Cell/res and eircJe Time (BCCT) pada Kelompok Bermain Ie hadap kemampuan so sial emosional anak. Subyek penelitian ini adalah 16 anak di Kelompok Benmain yang terdiri alas 8 anak kelompok eksperime..n ldan 8 anak kelompok kontrol E'enelitian ini adalah penelitian kuasi ekspen en, anak-anak di kelompok eksperimen menda at perlakuan pendekatan BeCT sedangkan anak-anak di kelompok kontrol tidak endapat perlaky,an SOCT, namun pembelajaran dilakukan dengan pendekatan teach r cente ed. Pengukuran kemam~uan sosial em(!Jsional anak dilakukan melalui observasi dengan bantuan instrumen Ratih Scale Kernampuan Sosial Emosional. I Analisis data terhadap kemampuan sosial emosional ana~di kelompok eksperimen dengan Friedman Tesl menunjukkan angka 0,008 ( P ~ 0,01) yang berarti bahwa ada pen~afut}, pendekatan BelCT terhadap peningkatan kemampuC\n sosial emosional anak. Analisis data post test 1 untuk membarrdingkan kemampuan soSial emosi0nal anak di kelompok eksperimen dan kelomp kontrol dengan eknik analisis Mann-Whitney Test menunjukkan angka 0,279 (p ~ 0,05) dan hasil post test 2 berdasarkan analisis Mann-vyhitney rest menunjukkan ang.~O;1 ·5 ( P ~ 0,05) berarti bahwa tldak adg ::perbedaan kemam uan soslar emosibnal yang slgmfikan antara kelompok eksperimen dengaR kelompok kontrol. Berdasarkan hasil terse but dapat disimpulkan bahwa pendekatan BCCT dan pendekatan teacher centered mempunyai pengaruh yang sama terhadap kemampuan sosial emosioanal anak-anak di Kelompok Bermain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > Kindergarden
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 21 Sep 2015 13:06
Last Modified: 21 Sep 2015 13:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item