MILDA, VEREZA (2022) ANATOMI COPYWRITING DAN PRINSIP PERSUASI PERIKLANAN PADA KATEGORI PRODUK DAN MAKLUMAT DI MAJALAH SALAM DAMAI TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-COVER_a.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-BAB I_a.pdf Download (674kB) | Preview |
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-BAB III_a.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-BAB IV_a.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-BAB V_a.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-DAPUS_a.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
19.M1.0014-VEREZA MILDA-LAMP_a.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian mengenai copywriting di majalah komunitas yang masih jarang ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anatomi copywriting yang ada dalam iklan, dan prinsip persuasi yang digunakan oleh pengiklan di salah satu majalah komunitas, yakni majalah Salam Damai. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Secara umum, hasil temuan penelitian ini adalah bahwa, bagian anatomi copywriting yang digunakan ada tiga, meliputi opening, body copy, dan closing. Dari 13 jenis opening atau headline yang ada, hanya 6 jenis yang ditemukan yaitu Claim Headline, News Headline, Quotation Headline, Question Headline, Command Headline, Merk headline. Sedangkan prinsip persuasi, ada 4 dari 6 prinsip yang ditemukan, yaitu prinsip rasa suka, komitmen dan konsistensi, timbal balik, dan kelangkaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dari ketiga bagian anatomi copywriting yang ada, tidak semuanya digunakan dalam menulis copy iklan, serta tidak semua iklan ditemukan adanya penggunaan prinsip persuasi. Anatomi yang paling banyak digunakan adalah body copy, karena iklan-iklan tertentu membutuhkan penjelasan yang lebih rinci. Selain itu, prinsip persuasi yang paling banyak ditemukan adalah prinsip rasa suka. Kedua hal ini berhubungan dan menjadi karakteristik isi copy pada iklan yang ditayangkan di majalah Salam Damai. Kata Kunci: Copywriting Periklanan, Anatomi Copywriting, Prinsip Persuasi, Majalah Salam Damai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 050 Magazines, journals & serials 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 00:51 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 00:51 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31974 |
Actions (login required)
View Item |