INGGRIDHITA, ANASTASIA (2023) PUSAT PELATIHAN E-SPORTS DAN STUDIO KONTEN KREATOR DI KOTA SEMARANG. S1 thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-COVER_a.pdf Download (897kB) | Preview |
|
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
||
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-BAB VI_a.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
|
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-DAPUS_a.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
16.A1.0038-Anastasia Inggridhita-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
Abstract
Saat ini perkembangan pada industri game sangatlah tinggi, terutama pada online game atau yang biasa disebut dengan eSports. Esports merupakan jenis olahraga berbasis peralatan elektronik seperti PC (komputer), HP (mobile phone), atau gim konsol seperti PlaysStation atau Xbox yang terorganisir dengan pelatihan khusus, sama seperti atlet profesional sepak bola atau cabang olah raga lainnya. Indonesia sendiri mulai terpengaruh dengan adanya eSports (olahraga elektronik). Terlihat dari tim game Indonesia yang mulai mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan secara nasional maupun internasional. Ini dapat menjadi peluang bagi Indonesia untuk terus mengembangkan industri game di bidang eSports, khususnya di kota Semarang. Tidak hanya turnamen, online game juga menghasilkan para konten kreator yang aktif membuat konten berupa streaming di platform yang tersedia atau mengumpulkan klip dari permainan mereka yang kemudian di unggah ke media sosial, dan sebagainya. Konten kreator bisa berasal dari pemain profesional maupun amatir, dari situ bertemulah pemain-pemain baru yang dapat dijadikan pemain profesional untuk kemudian mengikuti turnamen. Pemain eSports juga membutuhkan fasilitas untuk beristirahat dari penatnya permainan dan juga menjaga kesehatan fisik mereka sebelum mengikuti turnamen. Maka dari itu, dibutuhkan wadah bagi para gamers atau pemain online game untuk tempat berlatih, berkumpul, membuat konten, dan sekaligus untuk bersantai dengan menyediakan fasilitas pendukung dengan healing space disini. Konsep perancangan pusat pelatihan eSports dan studio konten kreator menggunakan pendekatan arsitektur biofilik, guna memenuhi fungsi dan tujuan dari dibangunnya bangunan ini. Tidak hanya untuk gamers, di dalam bangunan ini juga berisi fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati oleh orang umum, karena terdapat gaming area, toko merchandise, dan juga cafe
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 01:50 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31784 |
Actions (login required)
View Item |