GAME AUGMENTED REALITY VIRUS SHOOTER UNTIK EDUKASI KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA

CLIFFORD, CLIFFORD (2023) GAME AUGMENTED REALITY VIRUS SHOOTER UNTIK EDUKASI KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.N2.0013-CLIFFORD-COVER_a.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
18.N2.0013-CLIFFORD-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
18.N2.0013-CLIFFORD-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
18.N2.0013-CLIFFORD-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
18.N2.0013-CLIFFORD-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
18.N2.0013-CLIFFORD-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
18.N2.0013-CLIFFORD-DAPUS_a.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
18.N2.0013-CLIFFORD-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Melalui pandemi COVID-19, muncul kesadaran bahwa untuk menumpas berbagai jenis penyakit harus adanya lebih banyak komunikasi dan edukasi kepada seluruh warga, tidak hanya tentang pandemi yang terjadi belakangan tetapi juga virus lain yang sedang marak di masyarakat kita. Banyak media yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang virus dan penyakit di era teknologi ini. Dalam tulisan ini penulis telah menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membuat game edukasi dengan gameplay First Person Shooter (FPS) yang berkisar pada topik tersebut untuk menjawab rumusan masalah seperti: mengetahui apakah terdapat efektivitas pengedukasian melalui penggunaan aplikasi Augmented Reality, apakah adanya efektivitas permainan di mana AR dan FPS digabungkan dan penerimaan konsep permainan semacamnya oleh massa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan pengujian game digunakan untuk mengumpulkan data dari responden dalam survei. Hasilnya adalah mayoritas responden setuju bahwa ada beberapa manfaat dalam menggunakan game sebagai media pendidikan, kombinasi gameplay AR dan FPS saling melengkapi dan sebagian besar responden akan bermain lebih banyak jika game seperti itu dilanjutkan perkembangannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 004 Data processing & computer science
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:19
Last Modified: 18 Sep 2024 02:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item