BASKORO, DION (2023) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. S1 thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-COVER_a.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
|
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-DAPUS_a.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
17.L1.0057-Dion Baskoro-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
Abstract
Pada awal tahun 2022, munculah sebuah inovasi baru dalam dunia pendidikan. Inovasi yang menimbulkan cukup banyak perubahan yang menjadi nafas baru dalam dunia pendidikan. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru lebih memiliki kebebasan untuk memilih berbagai perangkat sebagai sarana atau media dalam proses mengajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. Pada perancangan kali ini, perancang yang sekaligus berprofesi sebagai seorang guru memiliki keresahan terhadap pemberlakuan kurikulum ini. Menurut perancang, pemberlakuan kurikulum ini kurang adanya persiapan yang matang, termasuk dalam materi pembelajaran yang perancang ajarkan di sekolah yaitu TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Oleh karena itu, perancang mencetuskan ide untuk membuat sebuah perancangan yang sekaligus juga menjadi materi baru bagi siswa/i dan guru serta solusi demi membangkitkan perekonomian keluarga. IT-Preneur yang perancang cetuskan ini menjadi sebuah warna baru dalam materi ini. Perancangan kali ini dilatar belakangi oleh perasaan antusias namun juga keresahan perancang terhadap metode pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Perasaan antusias pada Kurikulum Merdeka terletak pada kebebasan dari Guru dalam menentukan materi yang menyesuaikan kondisi Lokal dari kemampuan siswa serta daerah itu. Keresahan perancang terletak pada kurang adanya kesepahaman bagaimana proses pengaplikasian dari Kurikulum Merdeka ini kepada siswa/I khususnya pada mata pelajaran TIK yang perancang selaku guru sendiri juga mengalami. Maka, untuk menyikapi hal itu perancang Menyusun sebuah media pembelajaran baru Bernama IT-PRENEUR. IT-Preneur itu sendiri adalah dalam media perancangan kali ini siswa dapat belajar dunia IT serta belajar dalam materi berwirausaha yang ada didalamnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 05:04 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:11 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31386 |
Actions (login required)
View Item |