MASTIONO, MARIO (2023) PELAKSANAAN PENGELOLAAN INSTAGRAM @KOMINFOMAGELANG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK DI DISKOMINFO KABUPATEN MAGELANG DI TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
||
Text (BAB II)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
||
Text (BAB IV)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-DAPUS_a.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
19.M1.0067-MARIO MASTIONO-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Humas melaksanakan fungsi kehumasan menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang disesuaikan dengan Permenpan & RB Nomor 30 Tahun 2011 lalu dibandingkan dengan Perbup Magelang Nomor 56 Tahun 2016 terkait pengaturan fungsi Humas Diskominfo Kabupaten Magelang. Dalam pengaturan fungsi Humas tersebut, terdapat fungsi pelaksanaan pengelolaan media komunikasi publik. Media komunikasi publik yang digunakan oleh Diskominfo Kabupaten Magelang, salah satunya adalah Instagram @kominfomagelang. Maka peneliti memilih Instagram @kominfomagelang sebagai objek penelitian. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengelolaan Instagram @kominfomagelang sebagai media komunikasi publik di Diskominfo Kabupaten Magelang di tahun 2022. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengelolaan Instagram @kominfomagelang sebagai media komunikasi publik di Diskominfo Kabupaten Magelang di tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis dengan membangun pernyataan pengetahuan yang bersumber dari pengalaman, nilai-nilai sosial dan sejarah di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang. Peneliti juga mendeskripsikan dan menganalisis hasil penelitian dari wawancara, pengamatan dan analisis dokumen terhadap pelaksanaan pengelolaan Instagram @kominfomagelang sebagai media komunikasi publik di Diskominfo Kabupaten Magelang. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Bagian Komunikasi dan Informasi Publik sudah melaksanakan fungsi kehumasan secara baik. Fungsi kehumasan yang dimaksud adalah fungsi menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal. Dimana bentuk hubungan internal yang dilakukan Diskominfo Kabupaten Magelang adalah sosialisasi serta mengelola aduan masyarakat Kabupaten Magelang. Bentuk hubungan eksternal dilakukan dengan memberikan informasi terkait programprogram pemerintah dan informasi yang menghajat hidup banyak orang melalui media sosial salah satunya Instagram @kominfomagelang. Selain itu juga mengadakan serta mengajak badan publik lainnya dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan. Fitur konten Instagram @kominfomagelang yang digunakan adalah Feed Post, Story, Story Highlight, IGTV Video dan Reels. Diskominfo Kabupaten Magelang belum mencoba fitur Guide pada Instagram @kominfomagelang. Kesimpulannya pengelolaan Instagram @kominfomagelang diawali dengan menentukan ide konten yang akan diunggah, persetujuan supervisi, lalu diunggah ke Instagram @kominfomagelang oleh Copywriter.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 08:24 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:28 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31330 |
Actions (login required)
View Item |