ANDINI, NABILA (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KELOMPOK DI SEHATI ACADEMY SEMARANG MENGGUNAKAN KAJIAN ANALISIS INTERAKSI. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text (BAB II)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text (BAB III)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (BAB IV)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-DAPUS_a.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
18.M1.0136-NABILA ANDINI-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) |
Abstract
Jenis komunikasi terus mengalami perkembangan berdasarkan kebutuhan termasuk dalam dunia olahraga. Salah satunya adalah sekolah basket Sehati Academy yang mengimplementasikan komunikasi kelompok sebagai bagian dari proses interaksi antara pelatih dengan siswa.Pengaplikasian komponen komunikasi kelompok mulai dari komunikator, komunikan, pesan, media, penggunaan kode atau isyarat, hingga respon dari proses interaksi di Sehati Academy menjadi temuan yang persebaran interaksinya di kaji mengguanakan analisis interaksi milik Aubrey Fisher. Analisi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa implementasi komunikasi kelompok di Sehati Academy Semarang menggunakan kajian analisis interaksi fisher. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber dari Sehati Academy Semarang. hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi kelompok terlihat pada komunikasi tatap muka, penggunaan papan tulis, buku catatan, dan drill board sebagai media penyampaian pesan, komunikator yang memiliki kredibilitas dalam bidangnya, pelatih dan siswa sebagai komunikan, materi tentang program latihan sebagai pesan, penggunaan peluit sebagai isyarat kelompok, dan proses tanya jawab sebagai respon. Mulai dari masa orientasi atau perkenalan antara satu sama lain, munculnya konflik antara pelatih dengan pelatih maupun pelatih dengan siswa, masa kemunculan atas penyelesaian konflik, hingga masa dimana para anggota kelompok saling menguatkan satu sama lain. Satu-satunya kekhawatiran yang ditemukan pada proses implementasi komunikasi kelompok adalah penggunaan buku catatan sebagai media untuk menyampaikan dan menyimpan materi program latihan yang rawan rusak dan hilang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 02:18 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 04:09 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31292 |
Actions (login required)
View Item |