PRASETYA, GUSTAVO WIBAWA (2023) PERILAKU TRASHTALKING PADA PEMAIN GAME ONLINE VALORANT. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-COVER_a.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB II)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text (BAB III)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
Text (BAB IV)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
||
Text (BAB V)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-DAPUS_a.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang berkembang secara pesat telah memberikan kemudahan manusia untuk saling berkomunikasi. Kemudahan berkomunikasi juga dapat ditemukan dalam berbagai permainan game online, seperti salah satunya adalah permainan Valorant. Dalam permainan Valorant, terdapat fitur yang dapat digunakan dalam berkomunikasi, yaitu adanya kolom chatbox dan fitur microphone. Namun dibalik pemanfaatan fitur berkomunikasi di dalam permainan Valorant, fitur tersebut bisa memberikan dampak negatif jika fitur tersebut disalahgunakan sepertinya timbulnya fenomena trashtalking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberapa metode seperti: observasi partisipatif, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik trashtalking telah digunakan oleh pemain game online Valorant untuk berbagai tujuan, antara lain: menjatuhkan mental lawan bertanding, pengungkapan rasa kekesalan secara emosional, serta sebagai bentuk hiburan semata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 01:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:22 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31261 |
Actions (login required)
View Item |