PERILAKU TRASHTALKING PADA PEMAIN GAME ONLINE VALORANT

PRASETYA, GUSTAVO WIBAWA (2023) PERILAKU TRASHTALKING PADA PEMAIN GAME ONLINE VALORANT. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-COVER_a.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-DAPUS_a.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0048-Gustavo Wibawa Prasetya-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang berkembang secara pesat telah memberikan kemudahan manusia untuk saling berkomunikasi. Kemudahan berkomunikasi juga dapat ditemukan dalam berbagai permainan game online, seperti salah satunya adalah permainan Valorant. Dalam permainan Valorant, terdapat fitur yang dapat digunakan dalam berkomunikasi, yaitu adanya kolom chatbox dan fitur microphone. Namun dibalik pemanfaatan fitur berkomunikasi di dalam permainan Valorant, fitur tersebut bisa memberikan dampak negatif jika fitur tersebut disalahgunakan sepertinya timbulnya fenomena trashtalking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberapa metode seperti: observasi partisipatif, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik trashtalking telah digunakan oleh pemain game online Valorant untuk berbagai tujuan, antara lain: menjatuhkan mental lawan bertanding, pengungkapan rasa kekesalan secara emosional, serta sebagai bentuk hiburan semata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:35
Last Modified: 05 Nov 2024 04:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31261

Actions (login required)

View Item View Item