Widayanti, Ratnasari Wahyu (2010) PENERAPAN ASAS DIVERSI DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAJAR SMK YANG MELAKUKAN PEMERASAN (STUDI KASUS DI SMK ISLAM SUDIRMAN UNGARAN). Other thesis, Prodi Ilmu hukum Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti COVER.pdf Download (77kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
Text (BAB II)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB III)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (BAB IV)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
06.20.0001 Ratnasari Wahyu Widayanti LAMPIRAN.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Perlindungan hukum adalah suatu hak yang diberikan kepada seseorang yang diduga melakukan suatu perbuatan melawan hukum contohnya melakukan pemerasan dan ditinjau dari peraturan hukum yang berlaku seperti undang-undang. Permasalahan dalam penelitian yang penulis angkat adalah (1) Apa yang menjadi dasar penerapan asas diversi dalam kasus pemerasan yang terjadi di SMK Islam Sudirman Ungaran? (2) Mengapa perlu diberikan penerapan asas diversi dalam menangani kasus pemerasan yang terjadi di SMK Islam Sudirman Ungaran? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dan menganalisa dasar penerapan asas diversi didalam kasus pemerasan yang terjadi di SMK Islam Sudirman Ungaran (2) Untuk mengetahui dan menganalisa alasan-alasan perlunya penerapan asas diversi didalam kasus pemerasan yang terjadi di SMK Islam Sudirman Ungaran.. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Pendekatan menggunakan metode kualitatif dimana dalam metode ini lebih didasarkan pada bukti-bukti nyata sesuai apa yang diperoleh penulis serta lebih pada pencarian makna. Penelitian ini memberikan penjelasan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMK Islam Sudirman Ungaran serta yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Pelajar SMK Islam Sudirman di Ungaran yang melakukan perbuatan pemerasan. Serta ada beberapa elemen yang dapat dijadikan sumber data yaitu pelajar menjadi korban pemerasan, Guru BP, dan Kepala Sekolah. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa yang menjadi dasar untuk memberikan perlindungan hukum terhadap para pelajar SMK Islam Sudirman di Ungaran yang melakukan pemerasan antara lain berdasarkan Convenion on the Rights of The Child , The United Nations Standard Minimum Rules for Administration of Juvenile Justice – the Beijing Rules, The United Nations Guidelines for the Prevention of Juvenile Delinquency - the Riyadh Guidelines, Undang-Undang No. 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Serta yang menjadi alasan-alasan perlu menerapkan asas diversi dalam kasus pemerasan yang terjadi di SMK Islam Sudirman Ungaran adalah Alasan Individu, Alasan Instansi dan Alasan Masyarakat. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para orang tua serta masyarakat supaya dapat mendidik anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah serta dapat memberikan kasih sayang dan perhatian yang lebih sehingga anak tidak cenderung melakukan pelanggaran hukum. Peran orang tua serta masyarakat sangat diperlukan dalam perkembangan fisik dan mental anak agar anak dapat terus menanamkan nilai moral sehingga dapat tercipta lingkungan yang nyaman bagi perkembangan anak. Kata Kunci :Dasar Penerapan Asas Diversi, Alasan Penerapan Diversi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 12:53 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 05:07 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3099 |
Actions (login required)
View Item |