ALFREDA, VANIA CLARISSA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-COVER_a.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB I_a.pdf Download (758kB) | Preview |
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB III_a.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB IV_a.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB V_a.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-DAPUS_a.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan TikTok terhadap perilaku konsumtif remaja Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode dan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode sruvei. Kuesioner disebarkan kepada sejumlah 100 responden yang merupakan remaja Kota Semarang yang menggunakan TikTok. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja kota Semarang dengan usia 16-22 tahun dengan jumlah 254.729. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji regresi linear sederhana dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja kota Semarang dengan tingkat hubungan korelasi bersifat kuat dan searah di taraf 0,621 dengan pengaruh yang diberikan sebesar 38,5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan TikTok merupakan satu dari berbagai macam faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja kota Semarang. Kemudian dimensi yang paling tinggi dalam mempengaruhi remaja menggunakan TikTok yaitu informasi dengan nilai 0,75. Kemudian dimensi yang paling tinggi dalam mempengaruhi remaja kota Semarang berperilaku konsumtif yaitu membeli dan memakai produk atau barang karena melihat model yang mengiklankan, dengan nilai 0,55. Kata Kunci: media sosial, TikTok, remaja, perilaku konsumtif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 08:20 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 08:20 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30617 |
Actions (login required)
View Item |