LAURENT, VIONA (2022) PENGARUH VIRAL MARKETING GLOWINC POTION DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-COVER_a.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-BAB I_a.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-BAB III_a.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-BAB IV_a.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-BAB V_a.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-DAPUS_a.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0035-VIONA LAURENT-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah viral marketing yang dilakukan oleh Glowinc Potion melalui media sosial Instagram dapat memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian followers Instagram Glowinc Potion. Konsep yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah konsep viral marketing dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode dan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif yaitu dengan metode survei. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang pernah melakukan pembelian, merupakan followers Instagrem Glowinc Potion, serta mengetahui kampanye viral “Watch Me Glow”. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Instagram Glowinc Potion yang berjumlah 253.000. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas KolmogorovSmirnov,uji hipotesis, uji korelasi dan uji regresi linear sederhana yang dihitung menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing yang dilakukan oleh Glowinc Potion melalui media sosial Instagram memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat hubungan korelasi bersifat kuat dan searah di taraf 0,700, besarnya pengaruh adalah 48,9%. Hal tersebut berarti 51,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : viral marketing, keputusan pembelian, media sosial, Glowinc Potion, Instagram.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:56 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:56 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30610 |
Actions (login required)
View Item |