VERNANDI, VRISKO (2022) PENGARUH KEGIATAN PUBLIC RELATIONS SUARA MERDEKA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-COVER_a.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-BAB I_a.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-BAB III_a.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-BAB IV_a.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-BAB V_a.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-DAPUS_a.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0032-Vrisko Vernandi-LAMP_a.pdf Download (897kB) | Preview |
Abstract
Pada era modern ini banyak perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk menjadi yang terbaik. Untuk menjadi yang terbaik perusahaan akan menjaga kepuasan pelanggannya. Kepuasan pelanggan sendiri merupakan hal yang penting dikarenakan menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan, kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui pelayanan, kualitas produk yang dihasilkan, harga dan strategi yang tepat. Untuk mencapai kepuasan pelanggan, perusahaan membutuhkan public relations. Public relations perusahaan berperan penting dalam sebuah perusahaan karena menjadi salah satu wadah jika pelanggan memiliki keluhan maupun saran, selain itu juga menjaga dan memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan perusahaan. Dikarenakan peran public relations maka terjadi loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Kinerja public relations Suara Merdeka cukup ditingkatkan dari waktu ke waktu karena ada berbagai masalah yang dihadapi perusahaan Suara Merdeka diantaranya perkembangan teknologi, media cetak yang mulai tergantikan media online yang memaksa Suara Merdeka harus mengikuti perkembangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengambilan data dilakukan dengan kuesioner melalui google form yang ditujukan kepada pelanggan Suara Merdeka di Kota Semarang. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan public relations Suara Merdeka terhadap kepuasan pelanggan di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kegiatan public relations terhadap kepuasan pelanggan bersifat valid dan reliabel dengan taraf 0,917 > 0,6 dan datanya di uji normal dengan taraf 0,112 > 0,05 dengan korelasi bersifat kuat di taraf 0,769.Hasil penelitian pun menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kegiatan yang dilakukan public relations Suara Merdeka terhadap kepuasan pelanggan di Kota Semarang. Kata Kunci: Suara Merdeka, kegiatan public relations, kepuasan pelanggan, tekonologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Satisfication 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:03 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:03 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30602 |
Actions (login required)
View Item |