Pratama, Fellycia Indriyani (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF OLEH MEMBER PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING (MLM) ASAYAMA FAMILY CLUB DI INSTAGRAM. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-COVER_a.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-BAB I_a.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
||
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-BAB III_a.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-BAB IV_a.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-BAB V_a.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-DAPUS_a.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
18.M1.0124-Fellycia Indriyani Pratama-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dunia bisnis berkaitan erat dengan komunikasi. Dalam menerapkan kegiatan bisnis, diperlukan strategi berupa komunikasi yang persuasif dan tepat untuk mengembangkan suatu bisnis agar dapat bertahan dan berkembang. Dalam mengembangkan promosi dan komunikasi yang persuasif, perusahaan mengembangkan strategi dalam sistem yang sedang marak digunakan saat ini yaitu sistem multi level marketing (MLM). Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang berfokus pada tiga orang informan yang menjalani bisnis dalam sistem multi level marketing (MLM). Perusahaan multi level marketing (MLM) yang dipilih dalam penelitian ini adalah perusahaan milik AFC (Asayama Family Club). Penulis berfokus untuk melihat strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh member (Asayama Family Club) melalui media sosial Instagram. Metode penelitian yang dilakukan untuk mencapai hasil penelitian dan keabsahan data yaitu seperti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses komunikasi yang dilakukan oleh ketiga informan menerapkan teori komunikasi yang digunakan oleh Ardianto dan Arianto demi mencapai tujuan komunikasi persuasif itu sendiri seperti memberikan informasi, memberi persuasi dan juga untuk mengingatkan kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh member (Asayama Family Club) melalui media sosial Instagram memiliki pola dasar seperti menunjukkan sifat seperti kejelasan obyektif sebagai acuan penerapan komunikasi persuasif, kejelasan penggunaan media yaitu media sosial instagram sebagai salah satu metode yang digunakan, pesan yang kreatif yang disampaikan melalui konten yang dibuat oleh ketiga informan, penggalian database yang sesuai melalui penggunaan fitur di instagram dalam setiap konten yang diunggah oleh informan dan juga penerapan fulfillment yang merupakan cara dan strategi yang digunakan dari perkenalan hingga closing. Kata kunci: Multi Level Marketing (MLM), Komunikasi persuasif, Komunikasi di media sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 07:22 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:22 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30226 |
Actions (login required)
View Item |