Sastradi, Laurensia Octaviani (2022) STRATEGI PENYAMPAIAN PESAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG SELF-LOVE PADA AKUN INSTAGRAM @DPSUNGGING PERIODE JANUARI 2021 – JANUARI 2022. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-BAB I_a.pdf Download (872kB) | Preview |
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
||
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-BAB III_a.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-BAB IV_a.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-BAB V_a.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-DAPUS_a.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0044-LAURENSIA OCTAVIANI SASTRADI-LAMP_a.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Ada berbagai jenis kampanye yaitu kampanye sosial, kampanye politik, kampanye yang berorientasi pada kesehatan, dan masih banyak lagi. Kampanye sosial sendiri diartikan sebagai tindakan untuk mengkomunikasikan informasi maupun pesan yang berisi tentang isu-isu sosial yang sedang ramai di masyarakat. Strategi merupakan salah satu faktor yang berperan aktif untuk mengkoordinasi berbagai kegiatan kampanye, khususnya bagi kampanye sosial yang akan dibahas dalam penelitian ini. Strategi kampanye sosial sendiri lebih merujuk pada perencanaan kampanye sosial yang berguna untuk mencapai tujuan dan hasil akhir yang memuaskan. Strategi ini dapat diterapkan dengan berbagai cara baik secara langsung maupun dengan menggunakan perantara media, contohnya dengan menggunakan media sosial. Dengan adanya strategi penggunaan media sosial yang tepat, maka perlu kita ingat juga bahwa kampanye sosial mengandalkan kekuatannya untuk mempengaruhi khalayak melalui pesan yang disusun dengan sistematis, kreatif dan efektif agar mudah dipahami. Maka dari itu diperlukan strategi yang tepat dalam penyampaian pesan kegiatan kampanye sosial tersebut, agar mencapai tujuan akhirnya. Pesan dapat didefinisikan sebagai kunci utama dan merupakan inti dari sebuah kampanye sosial. Maka dari itu perlu disusun strategi agar pesan kampanye sosial dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak. Self love sendiri memiliki makna suatu kondisi dimana kita mampu untuk menerima diri sendiri dan kondisi dimana kita dapat mencintai diri sendiri. Self love dapat membuat kita sebagai manusia mengembangkan psikologis kita, melakukan perubahan yang lebih baik terhadap fisik dan juga pada kesehatan mental kita. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengeksplorasi tentang self love, karena hal tersebut sangat penting bagi setiap individu untuk menghargai diri sendiri. Dengan begitu maka tindakan tersebut akan menunjang pertumbuhan psikologis, fisik dan spiritual pada diri seseorang untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengeksplorasi kampanye sosial yang dilakukan oleh seorang pemain basket muda berprestasi yaitu Dewi Putri Sungging, yang juga merupakan influencer di Instagram. Peneliti membahas Dewi Putri Sungging karena selain masih muda dan berprestasi, dia juga memiliki pemaparan yang kuat mengenai self love. Pada penelitian ini peneliti menentukan periode penelitian Januari 2021 hingga Januari 2022 dikarenakan pada tahun tersebut adanya pandemi Covid-19 dimana Indonesia melakukan ppkm. Hal tersebut menyebabkan banyak orang lebih sering menggunakan media sosial karena adanya pembatasan dalam bersosialisasi. Ada berbagai konten yang ada di media sosial dan hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang. Hal tersebut dapat didukung dengan melakukan penerapan self love. Dalam hal ini diharapkan seseorang harus bijak dalam menggunakan media sosial agar tetap dapat merasakan dampak baiknya. Berdasarkan latar belakang yang sudah dijabarkan, maka peneliti ingin menggali lebih dalam mengenai bagaimana strategi penyampaian pesan kampanye sosial tentang self love pada akun Instagram @dpsungging periode Januari 2021 hingga Januari 2022. Kata Kunci : Kampanye sosial, Strategi kampanye sosial, Media Sosial, Instagram, Self Love
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 14:02 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 14:02 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30173 |
Actions (login required)
View Item |