Julivania, Elisabet Jesicalista (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG DITERAPKAN PENDIDIK KEPADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SEKOLAH TALI TAKUM SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-COVER_a.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-BAB I_a.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-BAB III_a.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-BAB IV_a.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-BAB V_a.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-DAPUS_a.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0033-ELISABET JESICALISTA JULIVANIA-LAMP_a.pdf Download (572kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari pembuatan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektifitas hubungan komunikasi interpersonal yang diterapkan pendidik kepada peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita di Sekolah Tali Takum Semarang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi terkait permasalahan tentang komunikasi interpersonal khususnya efektifitas hubungan komunikasi interpersonal yang diterapkan pendidik kepada peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita di Sekolah Tali Takum Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui tahap penelitian yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas 1 sampai 6 SD Sekolah Tali Takum Semarang yang berjumlah 20 orang. Penelitian menggunakan teknis analisis data sehingga dapat mengetahui secara mendalam terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan serta komunikasi interpersonal yang tercipta antara pengajar dan peserta didik untuk dianalisis lebih jauh terkait efektifitas komunikasi interpersonal antara pengajar dan peserta didik Sekolah Tali Takum Semarang. Hasil dari penelitian penulis Bahwa Komunikasi Interpersonal yang diterapkan pendidik kepada peserta didik berkebutuhan khusus Tunagrahita di Sekolah Tali Takum Semarang sudah baik, dan efektif. Komunikasi berlangsung secara indivdual tidak secara klasikal dikarena kan kemampuan dan pemahaman setiap siswa dalam satu kelas tidak sama atau berbeda-beda; Strategi yang digunakan oleh guru Di sekolah Tali Takum Semarang dalam pelaksanana kegiatan pembelajaran untuk komunikasi interpersonal terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita ialah dengan cara pendekatan individual, secara khusus mengenali karakteristik atau sifat anak berkebutuhan khusus tersebut. Hal ini seperti terdapat dalam teori kualitas efeketifitas De Vito yang terdiri keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Anak Berkebutuhan Khusus
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Interpersonal Psychology |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 13:35 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 13:35 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30162 |
Actions (login required)
View Item |