Prawestie, Ardiena (2022) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA SEKOLAH ALAM UNGARAN (SAUNG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-COVER_a.pdf Download (934kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-BAB I_a.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-BAB III_a.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-BAB IV_a.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-BAB V_a.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-DAPUS_a.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
16.M1.0031-ARDIENA PRAWESTIE-LAMP_a.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
Pada awal tahun 2020 telah muncul virus mematikan yang disebut Covid19 yang memberikan dampak terhadap sistem pembelajaran di Indonesia yaitu adanya perubahan dari sistem pembelajaran tatap muka secara langsung menjadi pembalajaran daring. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan media atau alat komunikasi seperti smartphone. Kondisi inilah yang harus dihadapi oleh institusi pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar siswa dapat menuntut ilmu dan guru ataupun pihak sekolah dapat memenuhi kewajiban mereka sebagai tenaga pengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pengguaan smartphone terhadap komunikasi interpersonal guru dan siswa. Objek dari penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Alam Ungaran (SAUNG) dengan sampel sebanyak 37 responden. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari analisis data pada penelitian yang telah dilakukan ini bersifat FIT dan menunjukan bahwa nilai F pada penelitian ini sebesar 6,216 dan p-value 0,018 lebih kecil dari 0,05. Kemudian hasil nilai t hitung sebesar 2,493 dan p-value 0,018/2 = 0,05. Sedangkan hasil dari nilai Sig. antara variabel penggunaan smartphone dengan komunikasi interpersonal sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05 yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variable penggunaan smartphone dan komunikasi interpersonal guru dan siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Smartphone, Pembelajaran Daring, Komunikasi Interpersonal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Interpersonal Psychology |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 13:34 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 13:34 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30161 |
Actions (login required)
View Item |