Hartono, Christina Natalia (2022) PERANCANGAN DESAIN VISUAL PANDUAN DASAR TEKNIK BERMAIN BULUTANGKIS SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI PEMULA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-COVER_a.pdf Download (987kB) | Preview |
|
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-BAB I_a.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-BAB III_a.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-BAB IV_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-BAB V_a.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-DAPUS_a.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
18.L1.0022-CHRISTINA NATALIA HARTONO-LAMP_a.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia. Melalui kepopulerannya tersebut, salah satu aksi dari trend bulutangkis yang dilakukan kalangan muda adalah menyewa lapangan bulutangkis dan bermain bersama teman-teman mereka. Namun sayangnya, salah satu akibat dari motivasi olahraga yang hanya karena trend adalah menyebabkan minimnya inisiatif masyarakat untuk mencari informasi dan mempelajari olahraga tersebut terlebih dahulu. Hal tersebut mendasari ketidaktahuan masyarakat akan teknik dasar bermain bulutangkis itu sendiri, terutama yang berada pada level kemampuan pemula. Ketidaktahuan masyarakat akan teknik dasar dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya cidera. Dengan dasar latar belakang tersebut, perancang ingin merancang panduan dasar teknik bermain bulutangkis sebagai media edukasi bagi pemula. Target perancangan adalah kalangan muda usia 20-25 tahun, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner, yang memperoleh hasil bahwa mayoritas responden merupakan pemula. Strategi kreatif yang digunakan pada perancangan ini adalah menggunakan media utama berupa buku digital, dan media pendukung berupa papan iklan di lapangan bulutangkis dengan akses QR code dan iklan instagram story menuju link lengkap buku digital. Perancang merancang media yang efektif untuk mempermudah target memperoleh informasi, memahami, dan mempraktekkan teknik dasar yang benar dalam bulutangkis. Perancangan ini ditujukan agar masyarakat yang hanya melakukan olahraga karena motivasi trend, atau masyarakat dengan level kemampuan pemula, tetap dapat mempunyai akses informasi yang mudah dan wawasan yang cukup mengenai teknik dasar olahraga bulutangkis itu sendiri. Dengan adanya wawasan, diharapkan kualitas dasar meningkat dan dapat meminimalisir resiko cidera. Buku digital berjudul “Dasar Bulutangkis Bagi Pemula” membahas mengenai dasar pemanasan, dasar memegang raket, dasar gerakan kaki, dasar pukulan, dan dasar posisi badan dalam bulutangkis. Isi buku dilengkapi dengan gambaran ilustrasi-ilustrasi gerakan bulutangkis dan penjelasan singkat. Kata kunci: Bulutangkis, Buku Digital, Panduan Dasar, Ilustrasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 729 Design & decoration |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 01:53 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 01:53 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30084 |
Actions (login required)
View Item |