Azani, Novendra Siviq (2022) PENGARUH DISTRES PSIKOLOGIS TERHADAP INTERNET GAMING DISORDER PADA PEMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BERMAIN GAME SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-BAB VI_a.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
|
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-DAPUS_a.pdf Download (626kB) | Preview |
|
Text
18.E1.0318-Novendra Siviq Azani-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecanduan game online di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh distres psikologis terhadap internet gaming disorder pada pemain game online dengan motivasi bermain game sebagai variabel pemediasi, (2) Hubungan distres psikologis dengan internet gaming disorder pada pemain game online, dan (3) Hubungan motivasi bermain game dengan internet gaming disorder pada pemain game online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dilakukan pada 30 pemain game online berjenis kelamin pria yang memiliki lima atau lebih gejala internet gaming disorder, telah memainkan game sekurang-kurangnya satu tahun, dan memiliki rata-rata bermain game lima jam atau lebih per-hari. Alat ukur yang digunakan adalah skala Internet Gaming Disorder Scale 9 Short Form (IGDS9-SF), Kessler Psychological Distress Scale (K10), dan Motives for Online Gaming Questionnaire (MOGQ). Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah analisis analisis mediasi JASP dan Korelasi Product Moment di SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh distres psikologis terhadap internet gaming disorder dengan motivasi bermain game sebagai variabel pemediasi melalui indirect effect: z-value= -0,030; p= 0,976 (p>0,05), (2) Tidak terdapat hubungan distres psikologis terhadap internet gaming disorder dengan nilai r=-0,188, dan sig. 0,160>0,05, (3) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan variabel motivasi bermain game terhadap internet gaming disorder dengan nilai nilai r=0,493, dan sig. 0,003<0,01.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:18 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 07:19 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29748 |
Actions (login required)
View Item |