HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA SEMASA PEMBELAJARAN DARING

Sari, Oktavia Ika (2022) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA SEMASA PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB I_a.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB III_a.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB IV_a.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB V_a.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB VI_a.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-DAPUS_a.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-LAMP_a.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Literasi Digital dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Semasa Pembelajaran Daring. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara literasi digital dengan kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan mengambil seluruh populasi siswa kelas XI IPS di SMA Mardisiswa Semarang yaitu sebanyak 50 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Literasi Digital dan Skala Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Semasa Pembelajaran Daring. Proses pengumpulan data dilaksanakan secara online, yaitu google form sebagai sarana penulisan skala dan melalui media sosial sebagai sarana menyebarkan tautan skala. Teknik analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,622 (p < 0,01) yang berarti ada korelasi positif yang sangat signifikan antara literasi digital dengan kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Adapun sumbangan literasi digital terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring adalah sebesar 38,7%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Oct 2022 23:58
Last Modified: 11 Oct 2022 23:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29740

Actions (login required)

View Item View Item