Sari, Oktavia Ika (2022) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA SEMASA PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB I_a.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB III_a.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB IV_a.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB V_a.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-BAB VI_a.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-DAPUS_a.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
18.E1.0159-Dhea Clorinda Harsono-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Literasi Digital dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Semasa Pembelajaran Daring. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara literasi digital dengan kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan mengambil seluruh populasi siswa kelas XI IPS di SMA Mardisiswa Semarang yaitu sebanyak 50 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Literasi Digital dan Skala Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Semasa Pembelajaran Daring. Proses pengumpulan data dilaksanakan secara online, yaitu google form sebagai sarana penulisan skala dan melalui media sosial sebagai sarana menyebarkan tautan skala. Teknik analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,622 (p < 0,01) yang berarti ada korelasi positif yang sangat signifikan antara literasi digital dengan kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Adapun sumbangan literasi digital terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring adalah sebesar 38,7%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 23:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 23:58 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29740 |
Actions (login required)
View Item |