GREEN HRM: SUATU KAJIAN FENOMENOLOGI

Rudi Elyadi, SE., M.M, Rudi Elyadi, SE., M.M and Dr. Agatha Ferijani, SE., MS-HRM, Dr. Agatha Ferijani, SE., MS-HRM and Johanila, S.E., M.M, Johanila, S.E., M.M GREEN HRM: SUATU KAJIAN FENOMENOLOGI. Other. Universita Katolik Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Penelitian Payung-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konsep “Green Bisnis” dalam suatu dunia usaha dapat diartikan sebagai suatu bisnis yang berkelanjutan,Topik tersebut menjadi isu yang menarik untuk dicermati dan dibahas baik oleh para pelaku bisnis maupun para akademisi karena para pengelola perusahaan sebagai pelaku bisnis dewasa ini menginginkan bahwa usahanya dapat terus berjalan bahkan lebih berkembang dan berkelanjutan. Salah satu upaya perusahaan untuk bisa bertahan dan berkelanjutan, perusahaan diharapkan bisa menemu kenali aspek-aspek eksternal yang terkait dengan bisnisnya, yaitu salah satunya aspek lingkungan. Kemampuan perusahaan dalam mengelola lingkungannya menjasdi kekuatan perusahaan dalam bersaing dan akan menghasilkan bisnis yang berkelanjutan..“Green” Human Resource Management yang dikenal sebagai “Environmental” Human Resource Management, dianggap sebagai suatu alat yang bernilai untuk kesuksesan suatu perusahaan dalam menjalankan pengembangan strategi organisasi yang berkelanjutan.( Renwick, at all, 2013). Sejauhmana perusahaan / bisnis perhotelan yang memiliki visi dan misi “Green Consept” menjalankan praktek bisnisnya dengan konsep Green HRM. Penelitian ini mengambil objek perusahaan perhotelan di Kota Semarang.Hotel yang dimaksud adalah Hotel Santika Premaere , Hotel Holiday Inn , Hotel Grand Candi , Hotel Arkenso. Hotel Noormans, Hotel Pandanaran, Hotel Artotel dan Hotel Horison, Hotel Metro Park View dan Hotel Daffam Ini merupakan penelitian payung yang memayungi 10 (sepuluh Mahasiswa). Hasil penelitian ini didapatkan gambaran praktek Green HRM di perusahaan perhotelan dari 12 aspek oprasional HRM belum semua aspek dilakukan secara optimal misal satu aspek belum semua sub aspek dilakukan karena setiap hotel tidak bisa membuat kebijakan sendari menunggu dari kantor pusat dan juga perlu dukungan system. Semua hotel memiliki komitmen kedepan akan lebih focus untuk merancang dan mengimplementasikan Green HRM lebih baik. Green HRM yang sudah dilakukan selama ini walupun belum dilakukan semuanya secara optimal sudah memberikan manfaat antara lain : dapat mengurangi biaya keseluruhan perusahaan sehingga lebih efisien dengan penghematan energi dan memacu inovasi karena karyawan memiliki komitmen untuk meningkatkan nilai ekologi perusahaan dan memfasilitasi pertumbuhan perusahaam serta peningkatan dalam kualitas dan memperkaya metode dan prosedur. Kata kunci : Green HRM, Penghematan energy dan komitmen

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Personnel management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr Rudy Elyadi
Date Deposited: 27 Sep 2022 05:18
Last Modified: 27 Sep 2022 05:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29155

Actions (login required)

View Item View Item