STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS YANG BERBASIS LINGKUNGAN OADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KOTA SEMARANG

TRIMEININGRUM, ENY and PRAPTI, MENIEK SRINING and IRMAWATI, BERNADETA STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS YANG BERBASIS LINGKUNGAN OADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KOTA SEMARANG. Project Report. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegiapranata. (Unpublished)

[img] Text
lap Penelitian_swot_umk_berbasis lingk..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas ecopreneurship menjadi trend yang berkembangan saat ini karena pencemaran lingkungan akibat aktivitas industri telah membahayakan lingkungan alam dan manusia sehingga yang sangat berpotensi merusak kelestarian bumi. Oleh karenanya perilaku etis para pengusaha untuk mengedepankan kelestarian alam dan merawat bumi menjadi tuntutan yang tidak bisa dielakan. Menjadi seorang ecopreneur atau menjalankan bisnis yang berbasis lingkungan menjadi solusi salah satu bagi permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini. Terdapat banyak hambatan dalam praktek bisnis yang berbasis lingkungan. Guna mendorong peningkatan bisnis dari para pengusaha yang menjalankan bisnis berbasis lingkungan (ecopreneur) yang pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan industri hijau, maka upaya untuk membantu para ecopreneur dalam menyusun strategi-strategi altenatif guna pengembangan usahanya agar terus meningkat dan berkelanjutan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Penelitian bermaksud untuk menemukan/menyusun strategi alternatif bagi pengembangan usaha ecopreneur pada usaha mikro di Kota Semarang. Focus Group Discussion (FGD) dilakukan dengan responden yang menjadi sampel penelitian guna indentifikasi terhadap kekuatan, kelemahan, ancaman/hambatan, dan peluang usaha ecopreneur secara umum. Dengan demikian kondisi yang dihadapi oleh para ecopreneur usaha mikro Kota Semarang yang berasal dari internal maupun eksternal usaha mereka dapat diketahui. Dari hasil analisis SWOT diusulkan beberapa strategi alternatif bagi pengembangan usaha, antara lain: belajar kembali dengan mengikuti workshop atau pelatihan terkait pewarnaan dan proses produksi produk ramah memanfaatkan kembali event pameran kerajinan atau pameran UMKM yang diadakan setelah Pademi Covid 19; lebih memaksimalkan penggunaaan media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran; memberikan edukasi kepada masyarakat tentang produk ramah lingkungan kepada konsumen lewat brosur, labeling, atau kemasan; lebih meningkatkan kolaborasi antar pengrajin produk ramah lingkunganlingkungan agar kualitas produk menjadi semakin baik; maupunmempelajari cara memproduksi yang dilakukan produsen luar negeri agar lebih mampu memproduksi dengan jumlah yang lebih besar. Sedangkan masukan untuk instansi pemerintah terkait di Kota Semarag agar dapat menjalin kerja sama dengan para ecopreneur skala mikro di Kota Semarang dengan lebih baik dalam rangka memberi edukasi guna meningkatkan kesadarkan pada masyarakat tentang produk ramah lingkungan. Kata kunci: bisnis berbasis lingkungan, ecopreneurship, ecopreneur, strategi alternatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Menik Srining P
Date Deposited: 27 Aug 2022 00:31
Last Modified: 27 Aug 2022 00:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item