Prasetya, Yohanes Baptista Christian Ery (2022) KECEMASAN AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSI DAN JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-COVER_a.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-BAB I_a.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-BAB III_a.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-BAB IV_a.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-BAB V_a.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-BAB VI_a.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-DAPUS_a.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0020-Yohanes Baptista Christian Ery Prasetya-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan kecemasan akademik mahasiswa dalam pembelajaran online, dan juga untuk menguji perbedaan kecemasan akademik dalam pembelajaran online antara perempuan dan laki-laki. Hipotesis yang diajukan penelitian ini adalah adanya hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan akademik mahasiswa dalam pembelajaran online, dan terdapat perbedaan kecemasan akademik dalam pembelajaran online antara perempuan dan laki-laki. Partisipan penelitian ini adalah 101 Mahasiswa dari Universitas Katolik Soegijapranata (32 laki-laki dan 69 perempuan) yang dikumpulkan melalui metode snowball sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dan komparatif dengan menggunakan skala kecemasan akademik dalam pembelajaran online dan skala kecerdasan emosi yang disebar melalui google form. Hasil penelitian ini diuji menggunakan teknik uji korelasi dari Pearson dengan hasil koefisien korelasi sebesar -0,390 dan nilai signifikansi 0,00 (sig<0,01). Artinya ada hubungan negatif kecerdasan emosi dengan kecemasan akademik mahasiswa dalam pembelajaran online, hipotesis pertama diterima. Peneliti menggunakan teknik independent sample t-test yang menunjukkan hasil signifikansi 0,635 (sig>0,05), tidak ada perbedaan kecemasan akademik dalam pembelajaran online antara laki-laki dan perempuan, maka hipotesis kedua ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:36 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:36 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28797 |
Actions (login required)
View Item |