ANALISIS ALTERNATIF STRATEGI USAHA “PARTY STORE” MENGGUNAKAN SWOT

GUNAWAN, HEPPY DEBY (2022) ANALISIS ALTERNATIF STRATEGI USAHA “PARTY STORE” MENGGUNAKAN SWOT. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-COVER_a.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-BAB I_a.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-BAB III_a.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-BAB IV_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-BAB V_a.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.D1.0145-HEPPY DEBY GUNAWAN-LAMP_a.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Party Store merupakan sebuah usaha dagang yang bergerak di bidang penjualan aksesoris atau pernak pernik pesta salah satunya seperti pesta ulang tahun. Usaha ini berdiri sejak pertengahan bulan September 2020. Seiring berjalannya waktu, bisnis ini mengalami suatu permasalahan yaitu adanya pesaing yang lebih unggul sedangkan Party Store merupakan pemain baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga menyebabkan penurunan penjualan selama 6 bulan (Oktober, November, Desember, Januari, Februari, Maret). Maka dari itu perlu adanya alternatif strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan pada Party Store supaya mampu bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada. Pada penelitan ini perumusan untuk menentukan alternatif strategi bisnis yang tepat adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa melakukan wawancara, melakukan observasi dan penyebaran kuesioner kepada pemilik, karyawan, dan pelanggan. Sedangkan alat analisis untuk pengolahan data adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, dan Matriks SWOT. Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan memperoleh hasil berupa beberapa alternatif strategi yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada. Berdasarkan matriks IFE, Party Store memperoleh total skor tertimbang yaitu 2,83. Berdasarkan matriks EFE, Party Store memperoleh total skor tertimbang yaitu 2,71. Pada matriks IE Party Store terletak di sel V sehingga strategi yang digunakan adalah strategi menjaga dan mempertahankkan (hold and maintain) dengan melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil dari matriks IE dan analisis SWOT yang dilakukan pada penelitian ini, maka beberapa alternatif strategi bisnis yang tepat untuk Party Store adalah dengan menjaga serta mempertahankan kualitas pelayanan, ketersediaan dan kelengkapan produk, lebih gencar lagi melakukan promosi yang menarik terhadap produk-produk Party Store dengan memanfaatkan fitur - fitur sosial media seperti live streaming, paid promote, membuat feed Instagram semenarik mungkin hingga melakukan pemasangan iklan berbayar, menambah serta aktif di platform penjualan online (E-Commerce) seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, menciptakan paket khusus dikala pandemi dengan harga yang terjangkau, memberikan potongan harga, promo atau diskon besar-besaran disaat masa pandemi Covid 19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:26
Last Modified: 16 Jun 2022 06:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item