Retnawati, Berta Bekti and LEONG, HIRONIMUS and IRMAWATI, BERNADETA (2021) Dinamika Upaya Digitalisasi Pemasaran Dan Inovasi Produk Ikonik Umkm Kerajinan Bahan Alam Di Jawa Tengah. Penerbit Universitas Katolik Soegijapranata. ISBN 978-623-7635-83-3
|
Text
16 Feb 2022 Dinamika Upaya Digitalisasi Pemasaran Dan Inovasi Produk Ikonik Umkm Kerajinan Bahan Alam Di Jawa Tengah.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Dunia menghadapi situasi serbuan virus Corona yang sungguh memberi dampak dahsyat dalam segala sendi kehidupan. Badai ini menghampiri berbagai aspek kehidupan tidak hanya sisi kesehatan, namun juga sisi ekonomi, sosial, budaya, dan mengubah segala situasi yang senyatanya sebelum pandemi tidak terbayangkan sebelumnya. Semua sendi perekonomian merasakan kemerosotan yang lebih dahsyat dibandingkan krisis ekonomi global pada tahun 1998. Semua pelaku usaha tak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi sektor yang sangat berdampak. Kegesitan dan sifat liat UMKM dalam situasi ini senyatanya tidak semua pelaku siap dan mampu menghadapi goncangan yang ada. Kebiasaan masyarakat yang berubah dengan pengurangan mobilitas, serta menguatnya prinsip less contact economy memberi pengaruh yang tidak mudah untuk dihadapi. Kondisi ini tidak terkecuali memberi pengaruh bagi UMKM kerajian bahan alam di Jawa Tengah ini. UMKM yang terbiasa dengan intensitas aktivitas fisik tinggi cukup banyak kehilangan peluang, di samping tentunya aspek permodalan terbatas, kesulitan pemasaran sebagai upaya adaptif dalam situasi sulit ini pun menjadi dampak yang tak terhindarkan. Fleksibilitas UMKM dengan tantangan perubahan menuntut pentingnya rekonfigurasi ulang sumber daya dalam rangka memanfaatkan peluang yang ada di tengah keterbatasan yang terjadi. Perbedaan krisis sekarang ini langsung mengguncang pada sisi penawaran dan permintaan yang sejatinya menuntut perubahan perilaku konsumen dan perubahan strategi para pelaku usaha. Memberi yang terbaik sesuai permintaan konsumen dengan mengelola teknologi yang ada untuk semakin mendekatkan diri pada pasar yang dituju. Berkaca dari tantangan inilah di buku ini akan dieksplorasi UMKM kerajinan bahan alam dalam di tengah guncangan krisis ini. Kerajinan bahan baku alam adalah kekayaan yang menjadi anugerah besar bagi bangsa Indonesia. Keragaman hasil alam di tangan-tangan terampil pengrajin menjadi potensi usaha yang luar biasa dan menjadi kekuatan kekhasan daerah-daerah yang ada di Jawa Tengah ini. Inovasi produk ikonik dan tantangan dalam memakai pemasaran digital menjadi dua hal prioritas yang akan dieksplorasi dalam buku ini. Tim peneliti mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang memberikan kontribusi pada terselesaikannya buku ini. Tim Peneliti mengucapkan banyak terima kasih untuk bantuan pendanaan riset ini dengan hibah PDUPT (Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi Tahun Anggaran 2021. Terima kasih kepada para pelaku UMKM bahan baku alam di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Wilayah Magelang, serta Wilayah Pekalongan yang telah menerima kehadiran tim peneliti dan dengan suka cita memberikan berbagai data yang dibutuhkan, wawancara yang berkesan dan juga peliputan dokumentasi. Terima kasih para enumerator terkasih ada Iqbal (Kabupaten Semarang), Carolus (Kota Semarang), Pandu (Wilayah Pekalongan) serta Ajik (Wilayah Magelang). Semoga buku ini memberi manfaat bagi banyak pihak dan makin memberi kekuatan pada para pelaku UMKM kerajinan bahan alam untuk terus memenangkan pertempuran menghadapi situasi yang tidak mudah ini.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems |
Divisions: | Faculty of Computer Science Faculty of Economics and Business |
Depositing User: | Mr Marlon Leong |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 05:11 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 05:11 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28668 |
Actions (login required)
View Item |