WINARNO, LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI HUMAN RESOURCE PADA COFFEE SHOP ZXY. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_COVER_a.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_BAB I_a.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_BAB III_a.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_BAB IV_a.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_BAB V_a.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_DAPUS_a.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
17.N3.0008-LEONARDUS VERRELL SAYOGA KINANTRA WINARNO_LAMP_a.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Masa pandemi menjadi masa yang sulit dan terdampak bagi sektor bisnis, dalam hal ini yaitu bisnis franchise. Kondisi tersebut akhirnya memaksa pelaku bisnis untuk bertransformasi dengan melibatkan teknologi sebagai bentuk upaya kesadaran digital yang harus dimiliki oleh stafnya. Di Coffee Shop ZXY sendiri stafnya masih awam dalam hal teknologi, terlebih lagi kinerja dari karyawannya masih berdampak karena adanya pandemi. Di sisi lain, admin HR dari bisnis ini juga kewalahan harus mengatur stafnya. Ketidakakuratan data dan ketidakefisienan pencatatan pada presensi dan penggajian menjadi masalah utama dari bisnis ini, sehingga kinerja staf menjadi sulit dipantau. Maka dari itu, peneliti membuat dan merancang aplikasi Human Resource guna membantu menyelesaikan proses bisnis yang masih manual. Aplikasi ini akan dibuat berdasarkan konsep sederhana dari Human Resource Management System dengan basis situs web, yang tentunya menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan CodeIgniter Framework. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu studi kasus pada Coffee Shop ZXY yang berada di Kota Pekalongan, dimana data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Perancangan aplikasi yang dibutuhkan adalah UML Diagram dan User Interface sebagai gambaran awal aplikasi. Aplikasi ini memiliki fitur yaitu pemberian jadwal mandiri oleh staf, eksekusi entri presensi oleh staf (Hadir/Ijin/Sakit), monitoring dan evaluasi admin HR melalui informasi data visual, perhitungan gaji secara otomatis, dan pembuatan laporan presensi & gaji serta slip gaji bagi setiap staf. Setelah aplikasi selesai, maka peneliti melakukan implementasi dengan menguji langsung pada user yaitu 4 staf dan 2 admin HR, yang dimana hasil dari wawancara para user telah memberikan hal yang positif. Menurut user, aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan dan menyelesaikan masalah, serta membantu HR dalam memantau peningkatan kinerja staf.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 08:23 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 08:23 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28169 |
Actions (login required)
View Item |