FIDELLA, DIVA LETICHIA (2022) HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_BAB I_a.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_BAB III_a.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_BAB IV_a.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_BAB V_a.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_BAB VI_a.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_DAPUS_a.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0022-DIVA LETICHIA FIDELLA_LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan dukungan keluarga dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah “Ada hubungan self efficacy dan dukungan keluarga dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi”, “Ada hubungan antara self efficacy dan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi” dan “Ada hubungan antara dukungan keluarga dan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi”. Subjek penelitian ini adalah 70 mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang yang sedang menyusun skripsi dan tinggal bersama orangtua. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Stres Akademik dalam Menyusun Skripsi, Skala Self Efficacy dan Skala Dukungan Keluarga. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan dua teknik analisis data yaitu korelasi ganda dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy dan dukungan keluarga memiliki korelasi yang sangat signifikan 0,000 (<0,01) dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. Kemudian, terdapat korelasi yang negatif signifikan (r= -0,645, p= 0,000) antara self efficacy dengan stres akademik mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. Begitu juga dukungan keluarga memiliki korelasi yang negatif signifikan (r= -0,280, p= 0,010) dengan stres akademik mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada hubungan self efficacy dan dukungan keluarga dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi, ada hubungan negatif antara self efficacy dengan stres akademik mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi, dan ada hubungan negatif antara dukungan keluarga dengan stres akademik mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 12:10 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 12:10 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28079 |
Actions (login required)
View Item |