Nugraheni, Bernadia Linggar Yekti and Nugroho, Robertus Setiawan Aji and CHRISMASTUTI, AGNES ADVENSIA Implementasi Sistem Tata Kelola Dan E-Supply Chain Untuk Peningkatan Kapasitas Perhutanan Sosial. Project Report. Soegijapranata Chatolic University. (Unpublished)
Text
Bukti Kinerja Pengabdian_Dikti 21.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Konflik sosial antara masyarakat di sekitar lahan perhutanan Perum Perhutani sudah terjadi berpuluh tahun. “Jokowi meminta supaya tidak ada lagi konflik antara desa dan PT Perkebunan Nusantara serta Perhutani. Semua konflik itu, menurut Jokowi, harus diselesaikan. Jokowi mengatakan konflik lahan itu sudah berpuluh-puluh tahun belum diselesaikan.” (Bisnis.com 10 Oktober 2019) Perhutanan Sosial menjadi jawaban atas penyelesaian konflik tersebut. Salah satu penggagasnya adalah Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial Indonesia yang diketuai oleh Siti Fikriyah, merupakan salah satu dari 4 penggiat Reforma Agraria yang diundang Presiden untuk memberikan masukan tentang penyelesaian konflik tersebut. Dengan disahkannya UUCK yaitu pada perubahan UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ditambahkannya pasal 29A dan 29B Khusus di Jawa, ada sekitar 113.000 permukiman rakyat dalam kawasan hutan di Jawa dapat diselesaikan. GEMA saat ini memiliki anggota 60.000 petani perhutanan sosial, 100 kelompok petani pemohon hutan sosial, 104 kelompok petani pemegang SK Perhutanan sosial, dan memiliki jangkauan 32.000 hektar hutan di Indonesia. GEMA melakukan pendampingan kepada kelompok-kelompok tersebut, yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Indonesia. Hak pengelolaan lahan yang sudah diperoleh dengan payung hukum UUCK selanjutnya membutuhkan perjuangan mengelola lahan, meningkatkan produktifitas panen, dan mendistribusikan hasil pertanian ke pasar secara efektif. GEMA mempunyai visi untuk mengembangkan kelompok petani perhutanan sosial menjadi suatu usaha bersama. Usaha secara individu, masing-masing petani berupaya sendiri memasarkan produknya, umumnya hanya kepada tengkulak. Tidak dapat menjangkau pasar yang lebih besar. Namun untuk dapat menjangkau jaringan distribusi hasil perhutanan sosial, GEMA perlu dukungan sistem informasi yang berbasis web, sehingga dapat diakses di mana saja. Sistem informasi yang memungkinkan pengendalian dapat dilakukan atas petani, lahan, dan pertanian yang dikembangkan. Sistem informasi untuk mengetahui supply yang tersedia dari seluruh lahan perhutanan sosial dan mendekatkannya pada pasar. Hasil panen dapat didistribusikan secara massal dari berbagai lahan yang tersebar di berbagai daerah ke pasar yang lebih besar, seperti ke industry dan bahkan ekspor. Tim pengabdian masyarakat hadir untuk mengimplementasikan sistem yang sudah dikembangkan oleh tim, menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tim melakukan FGD untuk mengetahui kebutuhan informasi, peninjauan ke lapangan untuk melihat pengelolaan perhutanan sosial, kemudian melakukan pelatihan sistem kepada perwakilan petani yang menjadi kader atau pengurus GEMA. Sistem informasi memungkinkan tata kelola perhutanan sosial lebih efektif dan distribusi hasil pertanian secara elektronik / berbasis web (e-supply chain). Ouput sistem saat ini sudah sampai prediksi waktu panen dan banyaknya panen per tanaman. Informasi dapat di drill down untuk mengetahui lahan mana saja, kelompok mana, dan siapa petaninya. Dengan informasi tersebut, GEMA sudah dapat mencari pasar untuk penjualan produk, bahkan sejak masih mulai tanam. Peningkatan kualitas tata kelola dan rantai distribusi / supply chain akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yaitu petani perhutanan sosial, khususnya yang tergabung dalam kelompok GEMA. Kerjasama tidak hanya di tahap ini saja, namun juga masih akan terus berlanjut ke tahak-tahap selanjutnya sampai visi GEMA dapat tercapai dan para petani perhutanan sosial benar-benar dapat meningkat kesejahteraannya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System |
Depositing User: | Ms Linggar Yekti Nugraheni |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 08:42 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 08:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27956 |
Actions (login required)
View Item |