Roswita, M. Yang and Widyorini, Endang and PRIMASTUTI, EMILIANA (2022) Psikoedukasi Positif Parenting untuk meningkatkan kemandirian Anak Usia Dini. Other. Fakultas Psikologi Unika. (Unpublished)
Text
PSIKOEDUKASI POSITIF PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI LAP,PMfix (2).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Psikoedukasi positif parenting pada orangtua di Paud Belia Semarang bertujuan untuk memberikan pemahaman , pengetahuan dan penerapan positif parenting dalam meningkatkan kemandirian pada anak usia dini di Paud Belia Semarang. Psikoedukasi positif parenting dalam meningkatkan kemandirian pada Anak usia dini bagi orangtua dilakukan dalam 7 bagian utama yaitu bagian satu berisi pemahaman tentang tugas perkembangan anak , bagian kedua materi Kemandirian pada anak usia dini dan tugas pengamatan orangtua tentang kemandirian anak (tugas pengamatan dilakukan dirumah) bagian ketiga pemetaan perilaku bermasalah (role Play), bagian keempat penjelasan tentang positif parenting, bagian lima strategi meningkatkan kemandirian anak , bagian keenam kalimat positif, orangtua melakukan role play . Bagian ketujuh tehnik modifikasi perilaku meningkatkan kemandirian. Partisipan dalam Psikoedukasi yang dilakukan berjumlah sebanyak 14 orang ibu. Berdasarkan uji statistik nonparametrik the Wilcoxon Ranked Test diketahui bahwa psikoedukasi positif parenting untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini dengan menggunakan strategi modifikasi perilaku tidak meningkatkan kemandirian anak secara signifikan . (z = 1,564 dengan p =0,118). Kata kunci : Positif parenting, kemandirian Anak Usia Dini
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology |
Depositing User: | Mrs Yang Roswita |
Date Deposited: | 20 Feb 2022 05:15 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 08:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27940 |
Actions (login required)
View Item |