WIJAYA, KURNIA EXANTA (2022) ANALISIS STRATEGI BISNIS CV. ALDEN JAYA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_COVER_a.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_BAB I_a.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_BAB III_a.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_BAB IV_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_BAB V_a.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_DAPUS_a.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
16.D1.0037-KURNIA EXANTA WIJAYA_LAMP_a.pdf Download (781kB) | Preview |
Abstract
CV. Alden Jaya yang sudah berdiri sejak tahun 1982 merupakan salah satu perusahaan di Semarang yang mengalami penurunan karena tidak memiliki strategi yang sesuai dengan perkembangan jaman. Persaingan yang ketat juga mengancam keberadaan CV. Alden Jaya untuk dapat tetap eksis dan bertahan ditengah munculnya pesaing-pesaing baru. Kondisi ini menunjukkan bahwa CV. Alden Jaya memerlukan strategi bisnis baru yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi prioritas yang sesuai yang dapat diterapkan pada CV. Alden Jaya dengan menggunakan Quantitave Strategic Planning Matrix (QSPM). Perumusan strategi ini dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode analisis SWOT dan QSPM. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang pemilik ,4 orang karyawan (finance, marketing manager, pelaksana, dan karyawan bagian produksi) dan diambil sampel sebanyak 5 konsumen dari CV. Alden Jaya serta observasi langsung ke obyek penelitian. Berdasarkan matriks SWOT akan menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT sebagai strategi alternatif dengan 6 strategi yaitu mengikuti event pameran secara rutin baik di Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah, memaksimalkan strategi WOM dengan meminta feedback dari pelanggan dan menggunakan sistem affiliate apabila pelanggan berhasil memberikan rekomendasi kepada relasinya, membuat job design agar penjadwalan kerja karyawan jelas sehingga produktivitas meningkat, penilaian bulanan rutin dengan laporan kinerja karyawan untuk evaluasi karyawan, melayani pangsa pasar menengah ke bawah dengan menyediakan design dan harga khusus, pembuatan SOP tertulis untuk posisi jabatan sehingga pelayanan memenuhi standarisasi perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan matriks QSPM, diperoleh alternatif strategi prioritas CV. Alden Jaya yakni memaksimalkan strategi WOM dengan meminta feedback dari pelanggan dan menggunakan sistem affiliate apabila pelanggan berhasil memberikan rekomendasi kepada relasinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance > Business plan |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Ms Dellani Putri |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 03:35 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 03:35 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27935 |
Actions (login required)
View Item |