WIBAWANTO, VANESSA MICHELLE (2021) HUBUNGAN KONSUMSI SPARKLING WINE TERHADAP GAYA HIDUP DI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-COVER_a.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-BAB I_a.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-BAB III_a.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-BAB IV_a.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-BAB V_a.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-DAPUS_a.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
17.I2.0036-VANESSA MICHELLE WIBAWANTO-LAMP_a.pdf Download (733kB) | Preview |
Abstract
Wine merupakan minuman yang mengandung alkohol dari hasil fermentasi buah anggur. Wine memiliki jenis yang beraneka ragam salah satunya yaitu sparkling wine. Sparkling wine merupakan jenis wine yang mengandung CO2 dan dalam prosesnya melalui 2 tahap fermentasi. Fermentasi pertama mengubah anggur menjadi base wine dan fermentasi kedua mengubah base wine menjadi sparkling wine. Metode yang digunakan yaitu traditional method, tank method, dan carbonation method. CO2 pada sparkling wine didapatkan dari proses karbonasi atau proses secondary fermentation yang dilakukan di dalam botol untuk traditional method dan di dalam tangki untuk tank method. Sparkling wine mulai menjadi trend di negara seperti Italia, US, Perancis, UK, dan Jerman, namun di Indonesia sparkling wine belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas. Di jaman sekarang ini masyarakat banyak terjerat dalam pergaulan yang salah, mengikuti trend serta gaya hidup modern. Banyak dari mereka yang mengkonsumsi wine supaya diakui sebagai teman dalam kelompoknya atau ada juga yang ingin dipandang oleh orang sekitarnya. Dari hal tersebut, survey ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsumsi sparkling wine dengan gaya hidup di Jawa Tengah. Metode untuk survey ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan Google Form kepada responden, kemudian diuji validitas dengan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dengan metode Cronbach Alpha. Kriteria responden pada penelitian ini adalah semua orang generasi X, Y, dan Z yang berdomisili di Jawa Tengah. Dari hasil survey, sparkling wine banyak dikonsumsi saat acara ulang tahun/ pernikahan dan biasanya dikonsumsi saat weekend. Kebanyakan responden hanya sekali mengkonsumsi sparkling wine. Konsumsi sparkling wine secara rutin paling tinggi pada generasi Y dan Z. Generasi X dan Z lebih banyak mengkonsumsi sparkling wine bersama keluarga, sedangkan generasi Y lebih banyak mengkonsumsi bersama teman. Faktor utama responden mengkonsumsi sparkling wine karena suka dengan rasa dari sparkling wine. Pergaulan mempengaruhi tingkat konsumsi sparkling wine, namun persentasenya cukup rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi sparkling wine tidak dipengaruhi oleh gaya hidup. Hasil survey juga menunjukkan bahwa pendapatan berpengaruh terhadap harga beli, kecuali pada generasi Y dengan pendapatan tinggi membeli sparkling wine dengan harga yang menengah ke bawah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Beverage Technology |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:56 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:06 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27078 |
Actions (login required)
View Item |