Gemma, Schoutenia Maria (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN KETERLIBATAN AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-COVER_a.pdf Download (772kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-BAB I_a.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-BAB III_a.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-BAB IV_a.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-BAB V_a.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-BAB VI_a.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-DAPUS_a.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
17.E1.0104-Schoutenia Maria Gemma-LAMP_a.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dan keterlibatan akademik dalam pembelajaran online. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara self regulated learning dan keterlibatan akademik dalam pembelajaran online. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 82 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unika Soegijapranata semester 2 dan 4. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Self Regulated Learning dan Skala Keterlibatan Akademik dalam Pembelajaran Online. Proses pengumpulan data dilaksanakan secara online, yaitu google form sebagai sarana penulisan skala dan melalui media sosial sebagai sarana menyebarkan tautan skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,816 (p < 0,01), yang berarti ada korelasi positif yang signifikan antara self regulated learning dengan keterlibatan akademik dalam pembelajaran online. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Adapun sumbangan efektif self regulated learning terhadap keterlibatan akademik dalam pembelajaran online adalah sebesar 66,5%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 05:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 05:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26836 |
Actions (login required)
View Item |