Search for collections on Unika Repository

Mengubah Dapur Sebagai Laboratorium: Kreativitas dan Tantangan

Inneke Hantoro, IH and Mellia Harumi, MH and Haniel Yudiar, HY Mengubah Dapur Sebagai Laboratorium: Kreativitas dan Tantangan. “Borderless Classroom: Best Practices of Virtual Learning”..

[img]
Preview
Text
Prosiding knowfest 2020.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
plagscan-DAPUR SEBAGAI LABORATORIUM_KFest_Inneke Hantoro et al.pdf - Mellia Harumi.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEW PROSIDING KNOWFEST.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh dunia sejak awal tahun 2020 telah mengubah sistem pembelajaran di seluruh dunia dalam waktu sekejap secara serentak. Sejak Maret 2020, jutaan siswa dan mahasiswa di dunia terpaksa menjalani proses pembelajaran daring dari rumah. Di saat yang sama para pengajar juga dipaksa beradaptasi dengan teknologi daring untuk menyelenggarakan proses pembelajaran. Peralihan pembelajaran secara konvensional ke daring memicu kegagapan institusi sekolah dan perguruan tinggi, baik terkait infrastruktur, sistem pedagogi, dan kesiapan sumber daya manusianya. Di perguruan tinggi, perubahan yang drastis ini telah menciptakan tantangan besar bagi para dosen untuk mendesain sistem pembelajaran, terutama untuk mata kuliah praktek di laboratorium yang membutuhkan hands-on experience (praktik langsung). Sementara mata kuliah teori dapat dilakukan 100% secara daring dengan segala kelebihan dan kelemahannya, mata kuliah praktikum dengan sistem pembelajaran daring memiliki kendala, yaitu mencari metode pembelajaran yang tepat untuk meraih capaian pembelajaran. Salah satu capaian pembelajaran berbagai mata kuliah praktikum adalah mahasiswa memiliki kemampuan praktis (practical proficiency) melakukan analisis di laboratorium yang akan sulit dicapai dengan sistem pembelajaran daring. Dalam tulisan ini, tim penulis memberikan gambaran pelaksanaan satu mata kuliah praktikum di Program Studi Teknologi Pangan, yaitu Praktikum Kimia Pangan yang harus diubah konsepnya dari model pembelajaran konvensional ke daring. Fokus dari mata praktikum ini adalah untuk memahami reaksi kimiawi yang terjadi pada bahan pangan yang dapat mempengaruhi kualitas bahan atau produk pangan.

Item Type: Article
Subjects: 500 Science > 570 Life sciences, biology
500 Science > 570 Life sciences, biology > 572 Biochemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Ms Mellia Harumi
Date Deposited: 19 Aug 2021 03:42
Last Modified: 27 Sep 2021 06:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26481

Actions (login required)

View Item View Item