hariadi, lucy and Widyorini, Endang and Eriany, Praharesti (2013) Efektivitas Cognitive Behaviour Therapy Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Siswa Gifted. Efektivitas Cognitive Behaviour Therapy Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Siswa Gifted, 2 (1). pp. 19-23. ISSN 2302-8904
|
Text
efektivitas kognitif-jurnal.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan harga diri rendah yang dialami oleh siswa gifted menggunakan Cognitive Behaviour Therapy (CBT). Hipotesis dalam penelitian ini adalah CBT dapat meningkatkan harga diri rendah pada siswa gifted. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang didiagnostik gifted oleh Psikolog, yang memiliki skor harga diri di bawah mean hipotetik. Alat untuk mengukur harga diri adalah Skala Harga Diri yang dibuat oleh peneliti dan sudah diuji validitasnya dengan menggunakan Product Moment dan Part-Whole serta diuji reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbachs Alpha. Indeks daya beda skala berkisar antara 0,330-0,687 dengan koefisien reliabilitas 0,897. Penelitian ini menggunakan paradigma A-B-Follow Up. Teknik analisa data secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari pengajuan hipotesis menunjukkan bahwa Cognitive Behaviour Therapy (CBT) dapat meningkatkan harga diri rendah pada siswa gifted.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Ms Endang Widyorini |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:06 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:06 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26428 |
Actions (login required)
View Item |