UNSPECIFIED ANALISIS ADOPSI E-COMMERCE DI MASA PANDEMI PADA USAHA RITEL SKALA KECIL DI SEMARANG. Other. Universitas Katolik Soegijapranata.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi informasi banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudah berbagai bentuk komunikasi agar dapat mendukung aktivitas dan berbagai kebutuhan lainnya tanpa harus bertemu secara fisik. Berbagai program aplikasi dapat diakses dengan berbagai bentuk perangkat keras yang difasilitasi jaringan internet. Bagi pelaku usaha, inovasi ini juga dimanfaatkan untuk menawarkan produknya baik barang maupun jasa berikut layanannya. E-commerce adalah salah satu hasil perkembangan teknologi informasi tersebut yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk melakukan transaksi jual beli produk kepada konsumen, Pemanfaatannya semakin meningkat ketika mulai terjadi pandemi covid 19 sejak akhir tahun 2019 yang lalu. Hal ini dikarenakan adanya kesadaran masyarakat untuk membatasi interaksi fisik untu dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun demikian tidak semua perspektif dalam e-commerce yaitu perspektif komunikasi, proses bisnis, layanan, dan online langsung dipergunakan oleh para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan setiap pengguna memiliki karakter dalam kecepatan mengadopsi perkembangan e-commerce tersebut yang dapat tergolong ke dalam 5 karakter yaitu Innovator, early adopter, early majority, late majority, dan laggard. Bagi pelaku usaha kecil yang masih banyak berperan dalam aktivitas operasional transaksi penjualan produk kepada konsumen, karakternya sangat menentukan dalam mengadopsi berbagi aplikasi, media dan fitur dalam e-commerce tersebut. Oleh karenanya penelitian ini dilakukan agar dapat memberikan penjelasan yang dilakukan pelaku usaha ritel skala kecil ini bagaimana mereka mengadopsi e-commerce agar usahanya dapat tetap berlangsung selama masa pandemi ini. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberi manfaat bagi pelaku usaha kecil lainnya dalam mengadopsi e-commerce untuk menghadapi situasi pandemi, agar usahanya tetap berjalan. Kata kunci: e-commerce, adopter, usaha ritel, usaha skala kecil
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 330 Economics 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship |
Depositing User: | Ms Eva Maria |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 10:34 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 10:34 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26275 |
Actions (login required)
View Item |